Daftar Crossfit Equipment Terbaik

Crossfit Equipment (peralatan Crossfit) adalah elemen penting yang digunakan saat Crossfitter melakukan segala jenis Crossfit Workout, baik di dalam Crossfit Box dan atau di rumah sendiri.

Alat Crossfit, sebagian di antaranya sama dengan peralatan Gym, seperti: dumbell, barbell, treadmill, rowers, bikes, speed rope (skipping), kettlebell, dll.

Crossfit Equipment yang khas, yang tidak terlihat di Gym atau Fitness Center antara lain: plyometrics boxes, gymnastic rings, medicine ball, climbing rope, battle rope, dll.

Alat Crossfit di Rumah

Alat Crossfit apa yang bagus untuk digunakan di Rumah? Jawabannya, tergantung kebutuhan latihan yang akan dilakukan. Misalnya, jika sekadar untuk bugar dan membentuk dasar-dasar kekuatan, maka skipping, dumbell set, wall ball, dan kettlebell sudah lebih dari cukup. Itu sudah yang terbaik untuk memulai.  

Tapi, jika ingin mendapatkan semua elemen penting dalam olahraga Crossfit, yaitu intensitas tinggi, lebih cepat, kardio lebih bagus, jauh lebih kuat dari sebelumnya, dan atau memaksimalkan aktivitas fungsional yang krusial sehari-hari, maka standard peralatan fitness rumahan, bisa diwujudkan.

Alat Crossfit apa sajakah itu? Semuanya akan diurai dalam sub bahasan di bawah.

Nah, berikut adalah daftar alat fitness terbaik, yang biasa dipakai para Crossfitter sedunia. Anda dapat membuat checklist untuk nanti membelinya, guna melengkapi home gym anda.   

Crossfit Equipment untuk Strength Training

Strength Training adalah latihan membentuk dan meningkatkan kekuatan. Dengan strength training, otot menjadi lebih kuat, lebih punya daya tahan, lebih cepat, dan punya daya ledak.

‘Nyawa’ dari Crossfit adalah “KEKUATAN”. Dan, inilah daftar Crossfit equipment yang berkaitan untuk membentuk kekuatan itu, antara lain:

MAGNUS Hack Squat Combo

MAGNUS WOD Olympic Barbell

Force USA DialTech Adjustable Dumbbell

Rubber Hex Dumbbell

Dumbell Rack

MAGNUS CMB – Pro Bench

Force USA F-Series Home Grade Bench

MAGNUS CFID Commercial Grade Bench (Flat/Incline)

MAGNUS CMB Commercial Grade Bench (Flat/Incline/Decline/Sit Up)

MAGNUS Eco Batik Bumper Plates

MAGNUS Eco Black Bumper Plates

MAGNUS Eco Colored Bumper

MAGNUS VF Competition Kettlebell

Competition Steel Kettlebells

Fitness Wall Ball

MAGNUS Weighted Vest

All in One Machine

Crossfit Equipment untuk Bodyweight Training

Dalam Workout of the Days (WOD) Crossfit, terdapat banyak bentuk latihan yang memanfaatkan berat tubuh dan gravitasi, seperti gerakan pull-up, jump box, gerakan senam menggunakan Gymnastic Rings, dll. Gerakan/latihan tersebut merupakan bagian dari Bodyweight Training dalam olahraga Crossfit.

Berikut, beberapa peralatan Crossfit yang menekankan pada bodyweight training.

Pull-Up Bar

Plyo-Box

Gymnastic Rings

MAGNUS Eco Power Rack

Crossfit Equipment untuk Conditioning Training

Semua jenis latihan Crossfit (WOD), melibatkan apa yang disebut dengan conditioning training, yaitu latihan untuk membangun level kebugaran seseorang, baik berupa latihan aerobik, anaerobik, dan strength training.

Berikut Crossfit equipment list yang biasa digunakan untuk conditioning training, antara lain:

FREE FORM R2000 Rowing Machine

DHZ S100L Spin Bike

FreeForm T3 Treadmill

FreeForm T5 Treadmill

FreeForm T7 Treadmill

Jump Speed Rope

Climbing Rope

Battle Rop

Lain-lain

Yoga Mat

Commercial Rubber Flooring

Dll.

Penutup

Demikianlah Crossfit Equipment List yang biasa digunakan di Crossfit Gym manapun. Daftar panjang alat Crossfit tersebut dapat anda lengkapi bila bermaksud mensetup sebuah home gym paket lengkap.

Namun, sebagaimana yang disinggung di awal, untuk latihan Crossfit pemula di rumah, dan dengan budget terbatas, speed rope, dumbell, wall ball, dan kettlebell saja sudah lebih dari cukup untuk memulai.

Oya, daftar Crossfit equipment terbaik ini dapat menjadi checklist bagi anda yang berencana membuka bisnis Crossfit Gym, dan atau gym komersial biasa.

Dan, apabila anda memiliki budget lebih, All in One Machine Gym, rekomen untuk anda miliki, karena dengan satu alat hebat ini, beberapa bentuk latihan yang disebutkan di atas, bisa terakomodir semua melaluinya.

Magnus Fitness
Magnus Fitness