Alat Gym Resistance Training Paling Populer

Alat Gym Resistance Training dibutuhkan manakala latihan bodyweight, dan atau calisthenic yang dilakukan sudah terasa kurang memberikan resistensi, kurang menantang lagi, dan menjenuhkan. Sampai pada tahap ini, artinya latihan resistensi yang dilakukan sudah cukup lama.

Sebenarnya, variasi latihan dapat dirancang sedari awal guna meminimalisir kondisi-kondisi tersebut, seperti membuat kombinasi latihan: Resistance Training dikombinasikan dengan Weight Training, misalnya.

Alat Gym Resistance Training untuk Progresi Latihan

Resistance training itu bersifat progresif. Ada resistensi yang terus bertambah beratnya, guna mencapai goals pribadi yang didambakan. Maka, penggunaan gym equipment pada akhirnya menjadi keniscayaan.

Alat Gym Resistance Training Paling Populer

Alat gym resistance training itu memiliki ‘nilai tantangan’ dalam menguasai dan atau ‘menaklukkannya’. Apapun motivasinya, alat gym memang memberikan nilai resistensi yang menantang diri untuk menggunakannya, guna hasil latihan yang jauh lebih maksimal.

Berikut sejumlah contoh alat gym resistensi yang paling populer digunakan, yang bisa jadi pertimbangan anda untuk menggunakan salah satu atau beberapa di antaranya.

Resistance Bands

Jika mengulas perihal latihan ketahanan atau resistensi, Resistance Bands hampir tidak mungkin untuk tidak disebutkan sebagai salah satu contoh alat gym untuk latihan fisik ini.

Resistance bands itu terbuat dari karet lateks elastis. Alat resistance training yang ringan, portabel, dan serbaguna ini memiliki beberapa tingkat resistensi.

Alat gym ini cocok bagi pemula dan fitness enthusiast pro.

Suspension Trainers

Suspension trainer, juga dikenal sebagai TRX (Total Resistance eXercise), adalah alat latihan yang terdiri dari tali panjang dengan pegangan di ujungnya. Tali ini biasanya digantungkan pada titik jangkar yang kokoh, seperti pintu, pohon, atau rangka khusus.

Suspension trainer memanfaatkan berat badan sendiri sebagai resistensi, yang dengannya memungkinkan berbagai latihan yang menantang, guna melatih kekuatan, stabilitas, keseimbangan, dan fleksibilitas.

Alat fitness revolusioner ini cocok bagi pemula dan penggemar fitness tingkat lanjut.

Medicine Ball

Medicine ball adalah bola pemberat yang digunakan dalam berbagai latihan kebugaran dan rehabilitasi. Bola ini biasanya memiliki diameter sekitar selebar bahu dan tersedia dalam berbagai ukuran berat, mulai dari 1 kg hingga belasan, bahkan puluhan kilogram.

Alat Gym Calisthenics?

Calisthenics, dan atau bodyweight dalam cakupan lebih luas, tidak menggunakan alat gym. Namun, beberapa bentuk latihan keduanya membutuhkan sebuah benda yang bisa jadi semacam alat bantu.

Latihan pull-up dan chin-up misalnya, memerlukan sebuah palang (besi, kayu), agar dapat digenggam tangan untuk selanjutnya latihan melawan gravitasi dilakukan. Hal yang kurang lebih sama juga dengan latihan dip, yang membutuhkan dua batang pararel (bars), atau setidaknya sesuatu yang kokoh dan stabil, yang dapat dipegang kuat untuk menstimulus beberapa kelompok otot sekaligus (otot trisep, dada, bahu, dan inti).

Alat Gym Resistance Training Freeweight

Alat gym freeweight untuk resistance training sangat familiar dengan banyak orang, yakni barbel, weight plates, dumbbell, dan kettlebell. Ke-4 alat gym ini dapat ditempatkan pada home gym anda.

Peralatan gym freeweight cocok untuk pro dan juga pemula.

Rekomen: MAGNUS Superlative Powerlifting Barbell     

Alat Gym Resistance Training, All in One Trainer

Demi kepraktisan latihan, all in one trainer diciptakan. Praktis, karena dalam satu unit mesin, sudah tersemat banyak gym equipment yang dapat mengakomodir ratusan varian latihan. Dengan kata lain, inilah alat gym resistance training yang telah mengkombinasikan weight machines dan sistem cable machine.

Rekomen: MAGNUS XTRAINER X9

Penutup

Pemula yang serius ingin mendapatkan kekuatan, daya tahan tubuh, dan hipertrofi, melalui resistance training, pastilah tidak akan stag pada satu bentuk latihan yang itu-itu saja. Maka, penggunaan alat gym menjadi pilihan bijak untuk memulai tingkatan berikutnya.

Magnus Fitness
Magnus Fitness