Kompetisi Powerlifting Indonesia Mendunia

Kompetisi Powerlifting adalah ajang bertemunya para penggemar olahraga angkat berat, baik sebagai pemula (amatir) maupun atlet elit berskala lokal, nasional dan internasional. Dalam ajang ini, dipertandingkan 3 lift, yakni: Squat, Bench Press, dan Deadlift. Tak jarang pula, penyelenggara hanya mempertandingkan satu atau dua di antara ke-3 angkatan tersebut.

Ada juga penyeleggara yang menyatukan 2 disiplin olahraga yang punya ‘kedekatan’ dalam cara latihan, goals, dan alat gym yang digunakan. Kompetisi seperti ini pernah diadakan oleh Magnus Iron Game 2022, di British School, Jakarta. Dimana, powerlifting disandingkan dengan functional fitness dalam satu event kompetisi.

Apa itu Magnus Iron Game (MIG)?

Magnus Iron Game adalah nama event kompetisi powerlifting amatir Indonesia paling terbesar, yang digagas oleh GYMFITNESSINDO (GFI) bersama MAGNUS FITNESS (MF), dan diperkenalkan pertama kali oleh Hans Krisna, sang founder, kepada para fitness enthusiast dan powerlifter Indonesia pada 2017 silam. Turnamen powerlifting yang mendapatkan banyak perhatian dan publisitas ini eksis hingga sekarang.    

MIG mempunyai banyak kelebihan dibandingkan kompetisi sejenis yang pernah ada. Berikut, sejumlah keunggulan Kompetisi Magnus Iron Game:   

Kompetisi Powerlifting Indonesia Paling Serius

Bagi para powerlifter yang bukan sekadar rekreasi, tetapi mengarah kepada olahraga prestasi, eksistensi sebuah kompetisi atau turnamen powerlifting menjadi sangat penting untuk mengukur dan menguji strength level yang selama ini dilatih.

Nah, kompetisi semacam itu, idealnya berlangsung rutin dalam suatu jangka waktu. Dengan begitu, kekalahan pada kompetisi sebelumnya, dapat diperbaiki dengan peak performance terbaik pada kompetisi teranyar. Begitulah seterusnya.

Kompetisi powerlifting di Indonesia yang paling serius, dan karenanya rutin diadakan hanyalah Magnus Iron Game.

Kompetisi Powerlifting Amatir Paling Terorganisir

Kendati merupakan kompetisi powerlifting amatir, Hans Krisna, sedari awal telah membuat rules yang kuat, bahwa event mesti terorganisir rapi dan profesional – dari masa preparasi – publikasi – registrasi – event management – urutan lomba – judjing – hingga winners stage standings.

Bagi Hans Krisna, Magnus Iron Game merupakan kawah candradimuka lahirnya atlet-atlet powerlifting hebat yang akan mengharumkan nama Indonesia dalam kompetisi powerlifting internasional. Karenanya, pendiri GFI dan MF ini bertekad untuk idealnya, menggelar Magnus Iron Games qualifier sebanyak 4x dalam setahun – juara di tingkat kualifikasi akan bertanding di tingkat nasional – juara nasional mendapatkan tiket menuju kompetisi powerlifting internasional.

Turnamen Powerlifting Standar Internasional

Dalam upaya membawa powerlifting Indonesia berbicara banyak di event internasional, MIG pun diperlombakan dengan penjurian berstandar internasional, sebagaimana standar judjing yang biasa dilakukan oleh International Powerlifting Association (IPA), dan United States Powerlifting Association (USPA). 

Peralatan gym yang digunakan ini pun sudah berstandar kompetisi yang diakui secara international. Sejumlah di antaranya, yaitu: Magnus Combo Rack, Iron Calibrated Plates/Steel Calibrated Plates, Superlative Powerlifting Barbell Stainless, Deadlift Bar, Magnus Wrist Wraps, dll.

Meskipun berskala amatir, Magnus Iron Game merupakan satu-satunya turnamen amatir powerlifting di Indonesia yang mendapatkan pengakuan dunia internasional.

Kompetisi Powerlifter Kolaboratif

Magnus Iron Game tidak bekerja sendiri setiap kali menyelenggarakan kompetisi powerlifting dan functional fitness. Sejumlah pihak selalu diajak berkolaborasi. Sepanjang penyelenggaraan, MIG telah berkolaborasi dengan International Powerlifting League (IPL), International Powerlifting Association (IPA), United States Powerlifting Association (USPA), Indonesia Powerlifting Association (IPA.Power), Pawrhouse Surabaya, The Bar Gym Bali, dll.

Event kolaboratif ini membuat Magnus Iron Game semakin kompetitif, bergengsi, dan mendapatkan publisitas luas.

Penutup

Di tahun-tahun ke depan, eksistensi Magnus Iron Game sebagai kompetisi amatir powerlifting satu-satunya yang terorganisir dan terbesar di Indonesia, akan menempatkan atlet-atlet powerlifting Indonesia di panggung juara dunia.

Magnus Fitness
Magnus Fitness