Manfaat Squat untuk Wanita vs Gymtimidation

Manfaat squat untuk wanita terbilang banyak. Manfaatnya, sama saja dengan manfaat latihan squat pada umumnya. Manfaat itu sudah diurai komplit di SINI.

Sayangnya, manfaat besar dari berlatih squat itu tidak bisa dirasakan para wanita, lantaran sejumlah alasan, yang beberapa di antaranya justeru tidak beralasan.

Tuntaskan baca artikel menarik ini…

Manfaat Squat untuk Wanita vs Gymtimidation

Sebelum pandemi Covid 19 melanda dunia, pada Oktober 2019, sebuah studi di Inggris (Sure Women) menyimpulkan, bahwa 70 persen dari 2 ribu responden, berusia 18-24 tahun, merasa terintimidasi ketika berolahraga.

Ketika data studi tersebut semakin spesifik dalam variabel yang lebih kecil, muncul data: 28 persen dari total responden, merasa khawatir tidak tampil menarik saat berolahraga. Dan, terkuak juga data, hanya 1 dari 5 wanita yang melakukan aktivitas olahraga sekali dalam seminggu.

Data pembanding berikut, akan membawa pada kesimpulan akhir sub-bahasan ini.  

Masih pada tahun yang sama, 2019, sebuah firma spesialisasi riset pasar, yang berkantor di Inggris dan Amerika Serikat (AS), bernama OnePoll, melaporkan hasil surveinya, yaitu: Sekitar setengah dari 2 ribu responden di AS, mengalami GYMTIMIDATION.

Sebenarnya, ada lagi data lokal yang hasilnya kurang lebih sama. Sengaja tidak ditampilkan di sini, karena kedua sumber di atas, sudah cukup memberikan gambaran faktual yang serupa.

Apa itu Gymtimidation?

Ternyata, gymtimidation itu, bisa dibilang merupakan persoalan global wanita sedunia. Itu ‘biang kerok’, banyak wanita sejagat tidak mau ke gym; enggan meraih manfaat squat untuk wanita di pusat kebugaran terdekat.

Lalu, apa itu Gymtimidation?

Sudah jelas. Gymtimidation adalah ketakutan seseorang untuk pergi ke gym, karena khawatir akan dinilai negatif dan mendapatkan ‘penghakiman’ oleh orang lain, terkait dengan penampilan tubuh, dan ketidaktahuan apa yang bisa dilakukan di gym.

Dalam konteks artikel ini, Gymtimidation menjadi salah satu barrier manfaat squat untuk wanita, tidak dapat dirasakan.

Manfaat Squat untuk Wanita Pemula vs Advanced

Kenapa ragu ke gym cuma karena alasan ‘badan belum jadi’, masih kegendutan dan atau kekurusan? Mengapa gak mau ke gym, karena khawatir gagal pakai sebuah alat fitness?

Tidak usah ragu, dan apalagi khawatir dengan semua itu! Justeru, karena badan belum jadi, anda sebaiknya ke gym, Dan ingat, selalu ada ‘situasi’ yang pertama dalam segala hal.

Mereka, para advanced di gym, pun mengalami situasi yang sama dahulu; khawatir dan canggung datang di gym pada hari pertamanya.

Baca juga: 7 Manfaat Squat untuk Pria, Nomor 6 Memikat

Dulu, badan mereka pun belum jadi. Sama, perut masih buncit. Lemak jahat di mana-mana. Mereka melewati hari pertama. Bertahan berlatih. Setelah melewati hari-hari berat, dengan latihan berbobot semakin berat, body goals mereka tercapai. Sekarang, mereka masih berlatih, guna menjaga kebugaran, dan agar tidak kehilangan bentuk proporsional tubuhnya.

Saatnya giliran anda!

Buang rasa terhakimi dari penghakiman sendiri itu. Suasana dan orang-orang di gym, tidak seseram yang dibayangkan. Bersosialisasilah sewajarnya. Bertanyalah terkait alat dan cara pakainya kepada salah satu di antaranya, dan atau langsung kepada Personal Trainer (PT) yang biasanya ada.

Ini jaman dimana informasi apapun begitu mudah diperoleh, baik dalam bentuk teks maupun video. Baca, dan tontonlah video tutorial terkait alat gym dan cara pakainya, serta manfaat yang bisa diperoleh darinya.

Manfaat squat untuk wanita pemula vs advanced, tidak ada pertentangan dan kompetisi untuk itu! Teruslah kuatkan tekad, dan kontinyu berlatih – menginvestasikan peluh dan keletihan hari ini, guna meraih manfaat besar kesehatan dan kekuatan sepanjang masih hidup.

Solusi Home Gym

Saat ini, berlatih fisik dengan menggunakan peralatan gym, tidak melulu harus ke gym. Ada solusi lain untuk maksud yang sama: HOME GYM.

Selama hampir 3 tahun Covid 19 melanda, kesadaran dan kegairahan beraktivitas fisik sebagai tuntutan mendapatkan kekuatan dan kekebalan tubuh terhadap virus mematikan itu, semakin membesar dan tren hingga hari ini.

Tren gaya hidup sehat dengan aktif berolahraga di rumah telah menjadi pilihan alternatif, sekaligus solusi bagi mereka yang enggan ke luar rumah, sulit berolahraga dalam sebuah komunitas, cuaca, traffic jam, dan alasan personal lainnya.  

Berolahraga di rumah sendiri dengan home gym equipement milik pribadi, mempunyai banyak keuntungan.

Terkait: 5 Alasan Memiliki Paket Alat Gym Lengkap    

Ketiga link pada sub-bahasan ini bisa membuka cakrawala berpikir anda terkait apa itu home gym, keuntungan berlatih fisik di rumah, dan pentingnya memiliki alat fitness, dan atau paket alat gym terbaik.

Jika home gym terbaik sudah hadir di rumah, waktunya untuk meraih manfaat squat untuk wanita, dari rumah saja.

Dengan home gym, tak ada lagi gymtimidation!

Penutup

Manfaat squat untuk wanita membuatnya selalu aktif, sehat, kuat, maksimal dalam aktivitas fungsional sehari-hari, dan cenderung memiliki kualitas hidup yang lebih baik sepanjang kehidupannya.

Masa kini, beraktivitas olahraga Strength Training, Squat, Bench Press, Deadlift, Crossfit, Functional Training, dan apapun itu, tidak harus ke gym. Adanya ruang kebugaran pribadi di rumah dan peralatan home gym set terbaik, bisa jadi solusi berlatih, tanpa ada lagi gymtimidation.

Magnus Fitness
Magnus Fitness