Latihan Mobilitas dengan Magnus Barbells

Latihan mobilitas itu jangan dipandang sebelah mata. Latihan ini sangat penting, karena sejumlah manfaat kebugaran dapat diperoleh dari latihan yang termasuk komponen penting latihan fungsional (functional training) ini.

Yuk, simak terus…

Apa itu Latihan Mobilitas

Latihan mobilitas adalah serangkaian latihan yang difokuskan pada tercapainya daya jangkau sendi dan otot secara maksimal. Daya jangkau atau rentang gerak itu mendorong seluruh anggota tubuh untuk dapat bergerak bebas, fleksibel, mandiri, dan aman (nihil cedera), sehingga aktivitas sehari-hari, dan atau performa atletik menjadi lebih efisien dan optimal.

Latihan Mobilitas Tidak Jalan Sendiri

Dalam lingkup latihan fungsional, latihan mobilitas (functional fitness) itu tidak berjalan sendiri. Guna hasil akhir latihan yang maksimal, yaitu yang dapat diterapkan pada aktivitas rutin keseharian, latihan mobilitas umumnya dipadukan dengan strength training, latihan koordinasi, latihan keseimbangan, dan juga peregangan (stretching). Peregangan biasanya dilakukan sebelum dan setelah latihan utama – latihan fleksibilitas juga terkait di sini.

Lantaran keduanya terlanjur disinggung, penegasan fungsi perlu disampaikan – yaitu, tentang mobilitas dan fleksibilitas. Kendati keduanya sekilas terlihat mirip dan berkaitan, tetapi sebenarnya keduanya berbeda; fokus dan bentuk latihannya berbeda.

Fleksibilitas adalah kemampuan otot untuk meregang, sedangkan mobilitas adalah kemampuan sendi dan otot untuk bergerak melalui rentang geraknya. Bisa dibilang, fleksibilitas yang bagus akan mendorong mobilitas menjadi lebih optimal. Di sinilah kaitan, dan saling berkontribusi antar keduanya dalam membentuk kebugaran jasmani seseorang.

Manfaat Latihan Mobilitas

Manfaat latihan mobilitas tidak akan diurai secara komprehensif di sini – rencananya, itu akan diulas dalam artikel khusus.

Inilah sebagian kecil dari manfaat latihan mobilitas:

– Efisien dan maksimal dalam aktivitas sehari-hari

– Mobilitas terlatih, meningkatkan kualitas hidup

– Menihilkan resiko cedera

– Lebih kuat dan tahan banting

Latihan Mobilitas dengan Magnus Barbell

Sama seperti karakter functional fitness, latihan mobilitas pun dapat dilakukan dengan atau tanpa alat fitness – inilah model latihan bodyweight training, seperti squat to stand, misalnya. Namun, untuk meningkatkan (scale up) kapasitas mobilitas sekaligus kekuatan, penggunaan peralatan gym adalah keniscayaan.

Kettlebell dan dumbbell bisa digunakan untuk maksud itu. Tapi, kali ini kami rekomendasikan dengan menggunakan MAGNUS Barbell.

Terdapat beberapa pilihan barbell Magnus. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan latihan anda. Khusus bagi fitness enthusiast wanita, ada Magnus Wanda WOD Barbell. Ini produk best seller yang sangat cocok bagi wanita.

Lihat review Magnus Wanda Barbell ini:

Stop Press!

Artikel ini informatif sifatnya. Jadi, tidak untuk menggantikan arahan pelatih profesional, dan atau nasehat dokter; bukan pula solusi pencegahan atau pengobatan suatu kelemahan fisik dan atau penyakit tertentu. Penting sekali untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan profesional dimaksud, sebelum memutuskan berlatih fisik dalam intensitas tinggi dan berat dengan menggunakan alat gym berbobot berat.

Contoh Latihan dengan Magnus Barbell

via crossfit channel

Latihan mobilitas yang efektif dengan dengan menggunakan Magnus barbell, yaitu The Overhead Squat dan The Snatch Balance

Di samping bermanfaat dalam meningkatkan mobilitas tubuh secara keseluruhan, kedua bentuk latihan mobilitas dengan barbell ini, juga bermanfaat dalam membentuk kekuatan otot core, peningkatan stabilitas dan keseimbangan, mendorong eksplotion power (daya ledak), meningkatkan performa atletik, memperbaiki postur tubuh, dan meningkatkan fleksibilitas otot.  

via crossfit channel

Recommended: Ragam Pilihan PLATES Berkualitas Terbaik!

Namun ingat, sebagaimana stop press di atas, adalah sangat penting untuk memahami kapasitas kekuatan anda sendiri, sebelum memulai angkatan dengan barbell dan plates-nya yang berat. Adalah bijak untuk selalu mengangkat dengan barbell berbobot ringan; seiring bertambahnya kekuatan, bobot beban dapat ditingkatkan secara bertahap. Apalagi, dua contoh latihan dengan barbell tersebut termasuk angkatan freeweight – Alangkah lebih baik, bila mendapatkan saran dan dukungan seorang profesional trainer.

Power Rack Lebih Aman

Alat Fitness Adjustable Jammer Arms

Kedua gerakan di atas, akan menjadi lebih safety, jika menggunakan power rack terbaik di Indonesia saat ini: MAGNUS Superlative Rack. Ini untuk mengantisipasi gagal angkat (failure). Dengan dukungan power rack, apalagi all in one machine gym, proses latihan kedua gerakan itu menjadi lebih aman.

So, go out and lets training now!

Magnus Fitness
Magnus Fitness