9 Manfaat Otot Dada

Manfaat otot dada sangat besar, karena otot pada area tubuh bagian atas ini termasuk otot besar yang berkontribusi besar dalam aktivitas seseorang. Dan, stimulus melalui latihan beban pada bagian ini pun akan mengkontraksi otot besar lain di sekitarnya, seperti delts (otot bahu), dan traps (otot punggung atas) – kinerja ketiganya, mendatangkan manfaat yang kompleks.

Sekali lagi, manfaat otot dada sangat besar – dari terbentuknya kekuatan tubuh di bagian atas (upper body), terbangunnya kekuatan fungsional, dan menciptakan estetika pada area dada. Ke-3 manfaat besar otot dada tersebut akan di-breakdown berikut ini:

9 Manfaat Otot Dada

Inilah manfaat otot dada secara holistik, dari kekuatan yang terbentuk nyata pada tubuh bagian atas, dada aduhai, dan fungsionalitas prima:  

1. Memperkuat Tubuh Bagian Atas

Dengan fokus pada latihan otot dada, tubuh bagian atas diperkuat. Apalagi, jika fokus berikutnya diberikan pula pada otot punggung, dan bahu. Maka, semakin kuatlah keseluruhan otot tubuh bagian atas.    

2. Menstabilkan Performa Bahu

Sebagaimana sudah disinggung, otot dada ini berkaitan erat dengan otot bahu (otot deltoid atau delts). Dengan adanya stimulus latihan pada area dada, otomatis membantu menstabilkan performa bahu dalam ragam aktivitas yang melibatkannya, seperti dalam melempar sesuatu, bermain volley ball, tenis, badminton, berenang, dll.

3. Menjaga Postur Tubuh

Sama seperti otot bahu yang mendapatkan kontraksi, latihan otot dada pun membantu postur tubuh terjaga dengan baik. Dimana, otot punggung bekerja sama dengan otot bahu, menjaga agar postur badan tidak membungkuk. Kondisi ini bagus untuk kesehatan tulang belakang (vertebrae), dan organ internal di sekitar itu, seperti core muscles, organ vital rongga perut (hati, ginjal, dan usus), diafragma, dan sistem saraf.     

4. Pernapasan Lebih Baik

Manfaat otot dada yang terlatih dengan benar akan membantu pernapasan menjadi lebih baik, karena otot dada yang kuat akan meningkatkan kapasitas paru-paru. Kapasitas paru-paru yang lebih besar, berarti lebih banyak oksigen, lebih banyak energi, performa atletik yang lebih baik, dan berdaya tahan tinggi terhadap aktivitas berat apapun.

5. Performa Atletik Prima

Manfaat otot dada bagi atlet khususnya, itu meningkatkan performa atletik menjadi lebih prima. Atlet angkat besi, tinju, renang, sepakbola, basket, voli, tenis, dan banyak lagi, akan lebih powerful apabila sukses melatih otot dadanya dengan benar.

Terkait: Alat Gym Latihan Otot Dada, Nomor 7 Lengkap Sudah!

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat otot dada itu berkontribusi pada kesehatan holistik, termasuk meningkatkan kesehatan jantung. Memang, latihan kardio seperti berlari, bersepeda, dan berenang, itu melibatkan jantung secara langsung dan penuh. Namun, latihan otot dada pun melibatkan detak jantung pada porsinya. Dengan kata lain, otot dada yang sedang dilatih, otomatis menstimulus jantung pula.  

7. Membangun Kekuatan Fungsional

Building functional strength atau membangun kekuatan fungsional dapat diperoleh dari latihan otot dada. Manfaat otot dada yang bersifat fungsional ini berguna bagi pria dan wanita dalam aktivitas sehari-hari, seperti mengangkat barang berat, mengangkat anak untuk diletakkan di pundak, mendorong pintu, dan berolahraga yang melibatkan dada, bahu, dan punggung secara bersamaan.

8. Penampilan Fisik yang Estetik

Penampilan fisik yang estetik pun dapat terlihat pada area dada. Bentuk dada yang bidang, kencang dan bulky, merupakan dambaan kebanyakan pria dewasa. Sedangkan, payudara yang lebih terangkat ke atas, dan tampak kencang adalah impian ideal kebanyakan kaum Hawa.

9. Mencegah Resiko Cedera

Otot dada yang terlatih itu tidak sekadar kuat, tetapi juga fleksibel. Ini membuat area atas tubuh tidak kaku. Manfaat otot dada yang terlatih itu akan melindungi sendi bahu dari kemungkinan resiko cedera saat sedang melakukan aktivitas fisik berat, maupun dalam berolahraga dengan intensitas tinggi.

Akhir Kata

Manfaat otot dada yang terlatih itu membentuk kekuatan nyata, dada yang bidang, dan fungsi yang optimal. Ke-3 manfaat besar itu dapat diperoleh melalui latihan otot dada dengan cara yang benar, baik tanpa alat fitness, maupun dengan dukungan alat gym berkualitas terbaik.

Magnus Fitness
Magnus Fitness