Apa itu Squat? 7 Tips Penting untuk Berlatih

Apa itu squat sebenarnya? Dikutip dari artikel yang telah tayang di situs ini: Squat yang Benar, Manfaatnya Optimal:  

Squat adalah olahraga angkat berat yang merupakan bagian dari 3 angkatan Powerlifting. Squat dengan barbell, khususnya back squat, merupakan latihan resistensi dengan pola gerakan turun dan naik dimana barbell bertumpu pada bahu. Gerakan ini mengkontraksi sendi dan beberapa kelompok otot utama, terutama otot tubuh bagian bawah (kaki, perut, bokong, dan punggung). Pola gerakan tunggal squat, membentuk tubuh bagian bawah lebih fleksibel, berdaya tahan, dan kuat.  

Dari definisi squat tersebut, jelas bahwa olahraga ini bukan aktivitas fisik biasa. Dibutuhkan kesiapan pemahaman, fisik dan mental kuat, serta penguasaan teknik squat yang benar, agar ketika berlatih, manfaatnya dapat diperoleh, tanpa harus mengalami cedera.

7 Tips Penting Sebelum Memulai Latihan Squat

Agar tidak cedera saat latihan squat, dan hanya mendapatkan semua manfaat latihan, 7 tips ini bisa jadi berguna untuk itu.

1. Cari Tahu Apa itu Squat, dan Pahami Betul

Semua berawal dari tidak tahu. Itu sebabnya, perlu cari tahu agar paham betul, agar tidak salah pada langkah berikutnya.

Cari tahulah melalui teman, dan atau via internet (Google dan Youtube), apa itu Squat, apabila muncul keinginan untuk berolahraga, dan khususnya hasrat membentuk tubuh yang proporsional, berotot dan kuat.

Pahami betul apa yang anda pelajari. Tuntaskan tontonan video tutorialnya!

2. Berlatih di Gym atau Home Gym?

Tekad sudah bulat untuk berlatih squat. Putuskan sekarang, hendak berlatih di gym atau membangun ruang kebugaran pribadi di rumah, dengan dukungan peralatan home gym. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Lihat di SINI, kelebihan dari berlatih squat di rumah saja.

3. Pilih Alat Gym Terbaik

Sesuai dengan definisi squat di atas, yang dimaksud di sini adalah barbell squat atau back squat dengan menggunakan barbell, bukan bodyweight squat, dan bukan pula squat jump.

Untuk menjalani latihan squat yang intens dan konsisten, dibutuhkan kehadiran alat gym terbaik di rumah anda untuk maksud itu. Kecuali, latihan squat dijalani di gym komersial.

Rekomen: MAGNUS Powerlifting Barbell

Membeli alat gym terbaik, berarti mendapatkan alat latihan fitness berkualitas, yang siap mendukung latihan anda dalam jangka waktu yang lama.

4. Ragu Eksekusi, Cari Profesional untuk Solusi

Sebenarnya, dengan pemahaman yang betul dan utuh tentang apa itu squat, seperti pada poin 1, anda sudah bisa mulai berlatih di rumah sendiri. Terkait ini, bagaimana cara amannya berlatih sendiri, akan diurai singkat di poin berikutnya.

Apabila ragu, carilah jawaban dari keraguan itu melalui seorang Profesional Trainer (PT) atau instruktur berpengalaman di gym komersial, dimana anda memutuskan berlatih. Untuk satu-dua pertanyaan teknis, tidak perlu membayar untuk itu. Kecuali, anda mengajaknya sebagai PT pribadi.

Beberapa keraguan soal teknis angkatan, dan lain-lain, dapat pula ditemukan jawabannya melalui video tutorial Youtube – ada banyak sekali video terkait apa itu Squat, dan segala macam hal terkait. Sediakan waktu untuk menemukan solusi keraguan.

5. Trial and Error, It’s Ok! Asalkan…

Setelah melewati poin-poin di atas, berlatih dengan cara trial and error, it’s ok! Bukan masalah besar, asalkan memulai squat dengan bobot yang sangat mampu anda angkat.

Saran terbaik untuk ini, jika anda berlatih di rumah, angkat dulu barbell tanpa piringan berat atau weight plates-nya. Jadi, melakukan pola gerakan turun-naik squat, hanya dengan barbell seberat 20 kg saja. Lihat contoh barbell yang dimaksud pada link di poin 3.

Cara itu menjadi salah satu solusi untuk berlatih sendiri tanpa dukungan seorang PT, dan peluang learning by doing by yourself. Sembari berlatih dengan barbell tanpa plates itu, anda bisa ‘mengukur’, tepat-tidaknya cara melakukan squat yang benar – sesuaikan ini dengan video tutorial perihal apa itu squat, yang telah ditonton sebelumnya.

Jika anda seorang wanita, yang sangat ingin berlatih gerakan squat yang benar, pun dapat menempuh cara sama, tetapi dengan bobot barbell yang lebih ringan.

Rekomen: MAGNUS Wanda Barbell untuk Wanita Berlatih Squat

Dan, bila membutuhkan informasi pembanding terkait cara latihan yang benar, silakan menuju ke artikel ini: Squat yang Benar, Manfaatnya Optimal.

6. Miliki Power Rack

Hingga dengan poin 5, anda berlatih squat dengan cara freeweight atau hanya anda dengan barbell. Tidak ada alat fitness lain. Kondisi ini masih aman, karena anda hanya memakai barbell tanpa plates-nya.

Namun, bila anda telah menguasai teknik squat yang benar, karena sudah cukup lama berlatih dengan barbell tok tadi, dan berencana meningkatkan bertahap bobot angkatan, maka penambahan weight plates menjadi pilihan.

Rekomen: MAGNUS Eco Black Bumper Plates

Sampai di sini, anda telah bersiap untuk tantangan berat yang semakin berat. Saran kami, tambahkan plates dari yang paling ringan. Gunakan komposisi bobot itu dalam beberapa waktu.

Apabila bobot tersebut sudah terasa ringan bagi anda, seiring bertambahnya massa otot dan kekuatan, bobot piringan yang lebih berat, pasti ‘menggoda’ untuk anda coba, bukan…? Kondisi menggoda itu akan berlangsung terus. Artinya, semakin berat bobot barbell yang dipakai berlatih, semakin besar resiko mengintai.

Itu sebabnya, demi faktor keamanan, dan menghindarkan resiko cedera serius, pertimbangkan untuk mempunyai sebuah POWER RACK. Dengan power rack, resiko gagal turun dan angkat dapat teratasi dengan safety bar system yang ada pada rack.

Rekomen: MAGNUS Safety Squat Bar untuk Squat Lebih Aman

Anggaplah, anda sudah memiliki sebuah power rack, dan atau squat stand. Dan, anda sudah menguasai gerakan squat yang benar. Nah, untuk faktor kenyamanan sekaligus lebih aman, pertimbangkan pula tetap berlatih di area power rack, namun menggunakan MAGNUS Safety Squat Bar.

Magnus Safety Squat Bar bukan barbell yang biasa anda pegang. Ini barbell berbentuk khusus, dengan tambahan yoke atau pad set dengan bantalan tebal. Yoke akan berada di antara leher dan bahu atas. Tetapi kedua tangan tidak menggenggam grip stick bar, tetapi pada grip yoke-nya – gerakan squat tetap sama.

 Belum jelas? Silakan simak perihal alat gym revolusioner ini di SINI.

7. Magnus XTrainer X9

Ini dia alat gym terbaik yang bisa anda miliki untuk berlatih squat lebih aman lagi, dan bahkan ratusan bentuk Strength Training, hanya dengan satu alat saja.

Ya, Magnus XTrainer X9 adalah alat fitness berbasis all in one trainer; banyak peralatan fitness yang terintegrasi pada satu gym machine ini.

Menariknya, terkait latihan squat, pada alat ini, tersemat fitur Smith Machine dengan sistem counter balanced-nya. Ini membuat latihan squat sangat aman. Nihil cedera.

Di samping itu, dalam paket komplitnya, Magnus XTrainer X9 mempunyai fitur Belt Squat Machine. Alat gym volusioner untuk keperluan squat ini membuat anda tidak perlu menggunakan barbell beserta plates-nya. Alat ini akan dipakaikan pada pinggang, dan pola gerakan turun-naik ala squat  barbell pun bisa dilakukan.

Jelasnya, lihat review alat gym hebat ini:

Penutup

Apa itu Squat? Diurai lugas dengan pendekatan tips sebelum memulai latihan olahraga angkat berat, yang merupakan bagian dari powerlifting ini. Latih dan bentuk tubuh anda dengan berlatih squat, dengan cara yang benar dan aman.

Dan, beberapa saran menggunakan home gym equipmentterbaik di atas, akan sangat membantu mencapai tujuan latihan anda.

Magnus Fitness
Magnus Fitness