Manfaat Squat: Nomor 12 & 13 Dambaan Wanita dan Pria

Bila dibuat sebuah daftar, setidaknya terdapat belasan manfaat squat. Tentu, manfaat yang bakal diperoleh dari berlatih squat ini tidak instan diraih. Membutuhkan waktu, komitmen, dan latihan keras terukur untuk itu.

Sebelum meraih manfaatnya itu, memahami dan menjalani prosedur awal dan eksekusi teknik yang benar adalah kunci keberhasilan latihan squat.

17 Manfaat Squat bagi yang Serius Berlatih

Inilah 17 daftar manfaat latihan squat, yang semuanya bermuara sama: Memberikan dampak besar bagi kesehatan, pembentukan massa otot, dan terbangunnya kekuatan (strength fitness).

1. Meningkatkan Kinerja Jantung dan Paru-paru

Manfaat squat yang pertama adalah meningkatkan kinerja jantung dan paru-paru; peredaran darah lancar, dan pernapasan bagus. Kondisi ini dapat dicapai apabila latihan squat dilakukan dengan cara yang benar dan konsisten.

Sehatnya jantung dan paru-paru (kardiovaskular) akan membawa pengaruh besar bagi kesehatan tubuh secara holistik.

2. Metabolisme Tubuh Bekerja Maksimal

Intensitas olahraga yang tinggi memicu kerja metabolisme tubuh menjadi lebih maksimal. Inilah manfaat squat yang berkaitan dengan proses kimiawi dalam tubuh, dimana makanan diubah menjadi energi.

Energi itulah yang dipakai selama latihan squat berlangsung. Pelepasan energi ini tidak hanya pada saat latihan, tetapi juga pada waktu tubuh berada di fase istirahat, yakni saat energi tersebut memulihkan tubuh yang sebelumnya terkontraksi dan mendapatkan tension keras. Dalam proses pemulihan inilah massa otot terbentuk.

3. Menghindarkan Tubuh dari Penyakit Berat

Sebagaimana sudah disinggung, intensitas olahraga fisik mempengaruhi kerja metabolisme. Dan, metabolisme yang bekerja baik akan membawa banyak dampak positif, di antaranya menghindarkan tubuh dari penyakit berat.

Penyakit diabetes tipe 2, jantung, paru-paru, obesitas, dan osteoporosis, adalah sejumlah penyakit yang ‘menjauh’ dari tubuh, karena kerja metabolisme tubuh yang maksimal.

Berlatih squat secara serius, mendorong metabolisme tubuh berkinerja maksimal. Inilah salah satu manfaat squat yang kadang tidak dipahami banyak orang.

4. Membakar Banyak Kalori dan Lemak Jahat

Seperti sudah disinggung sebelumnya, olahraga angkat berat berintensitas tinggi seperti squat itu membakar banyak kalori, sekaligus membakar lemak jahat.

Manfaat squat yang satu ini tentu saja kabar baik bagi mereka yang sedang mencari cara menurunkan berat badan. Memang, ada banyak jenis olahraga lain yang mendatangkan manfaat seperti ini. Namun, jika anda menyukai tantangan, sekaligus berhasrat membangun bentuk tubuh proporsional dan aduhai, maka olahraga squat bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk tujuan tersebut.

5. Meningkatnya Massa Otot

Ada banyak cara meningkatkan massa otot. Dan, salah satu manfaat squat adalah membentuk dan meningkatkan massa otot. Massa otot terbentuk dan bertambah, karena hormon pertumbuhan terlepas manakala tubuh mendapatkan kontraksi dan pressing, akibat sebuah latihan fisik yang keras.

Mikrotrauma (‘kerusakan’) pada serat otot, yang terjadi saat berlatih, dipulihkan oleh hormon pertumbuhan, dan peningkatan massa dan kekuatan otot pun berproses jadi.

6. Tubuh Bagian Bawah Semakin Kuat

Manfaat squat yang lain adalah terbentuknya kekuatan pada lower body (tubuh bagian bawah). Ini terjadi, karena selama gerakan squat berlangsung, sejumlah kelompok otot di bawah tubuh ‘bekerja keras’, dan karenanya terlatih, sehingga semakin kuat.

Otot utama yang dimaksud, di antaranya: Otot paha depan (quadriceps), otot paha belakang (hamstring), otot bokong (gluteus maximus), dan otot punggung bawah (erector spinae).

7. Menjaga Kepadatan Tulang

Tidak hanya persendian dan otot saja yang terstimulus menjadi lebih besar dan kuat selama berlatih squat, tetapi tulang juga mendapatkan dampak baiknya.

Densitas (kepadatan) tulang terjaga, dengan rutin berlatih squat. Manfaat squat ini tidak kecil, karena tulang yang padat akan menghindarkan diri dari mudah jatuh, tulang gampang patah, dan keropos.

8. Lutut dan Persendian Bagus

Latihan squat melibatkan koordinasi yang simultan antara pinggul, lutut, dan kaki. Aliran oksigen dan darah di sekitar persendian itu berperan dalam membentuk kelenturan dan kekuatan yang optimal pada lutut dan persendian.

Dengan berlatih barbell squat, otot di sekitar lutut terlatih dan diperkuat. Ini akan meminimalkan peradangan sendi yang dapat berujung pada arthritis.

Jadi, manfaat squat terbilang vital. Tanpa lutut dan persendian yang bagus, kita hampir tidak bisa melakukan aktivitas fungsional harian dengan maksimal; sulit untuk berjongkok dan berdiri kembali lagi, serta kaku dalam menggerakkan anggota tubuh. Kondisi demikian tentu saja sangat mengganggu aktivitas fungsional sehari-hari.

9. Meningkatnya Kekuatan Otot Inti

Gerakan squat yang benar akan melatih otot inti (perut, panggul, bokong) dengan maksimal. Hasil baiknya, terbentuklah stabilitas, fleksibilitas, dan kekuatan pada area ini.

Manfaat squat pada otot inti ini bakal berperan besar dalam mobilitas fungsional sehari-hari; stabil dalam berdiri dan berjalan, badan tegak, dan fleksibel dalam menggerakkan seluruh anggota tubuh.

Kekuatan pada otot inti berdampak pada kemampuan daya ledak seseorang.

Terkait: Apa itu Squat? 7 Tips Penting untuk Berlatih

10. Meningkatnya Keseimbangan dan Fleksibilitas

Berkaitan dengan manfaat squat pada poin sebelumnya, dimana stabilitas dan fleksibilitas tubuh meningkat. Keseimbangan dan fleksibilitas yang baik itu, mendukung stabilitas seluruh bobot tubuh saat melakukan aktivitas kehidupan, utamanya aktivitas fisik yang berat.

Dengan kata lain, tubuh tetap stabil dan tidak mudah tergelincir atau jatuh ketika melakukan posisi berjongkok untuk mengambil sesuatu, mengangkat, memutar, atau menarik objek yang berada di lantai.

11. Postur Tubuh Bagus

Manfaat squat lainnya, postur tubuh menjadi bagus, karena pola gerakan turun-naik dengan barbel pada bahu itu, mengharuskan postur dada dan punggung yang lurus (tegak). Efek positifnya, badan tidak membungkuk atau melengkung saat berdiri dan berjalan, karena tulang belakang yang merupakan penopang tegaknya tubuh, mendapatkan pressing saat latihan berlangsung.

Postur tubuh yang normal ini akan meminimalisir cedera pada lower back (punggung bawah), sebagai akibat dari kebiasaan tubuh yang membungkuk.

12. Bokong dan Paha Menawan

Manfaat squat yang ini sangat didambakan para wanita. Ya, dengan latihan squat yang benar dan teratur, bokong bakal memiliki bentuk yang bagus dan aduhai. Demikian pula dengan betis dan paha menjadi proporsional, kencang, padat berisi, dan menawan. Sebab, lemak jahat tidak ada pada area kebanggaan wanita itu.

Sekali lagi, body goals para wanita ini, bisa diperoleh dengan latihan squat barbell yang benar, dan konsisten.

13. Meningkatnya Vitalitas

Ini manfaat squat khusus bagi para pria yang melakukan olahraga powerlifing ini dengan benar – berlatih squat itu memicu kadar hormon testosteron meningkat. Ini diikuti pula dengan meningkat produksi sel sperma.

Jadi, tidak perlu suplemen untuk meningkatkan vitalitas pria. Olahraga squat bisa menjadi solusi sehat untuk itu.

14. Kekuatan Terus Bertambah

Squat adalah olahraga para orang kuat. Itu nature squat sejak awal kemunculannya. Jadi, manfaat squat sudah pasti membentuk kekuatan seseorang yang menjalaninya dari waktu ke waktu. Semakin banyak latihan yang dilakukan, semakin kuat fisiknya.

Hal itu selaras dengan tujuan dari berlatih powerlifting, dimana squat termasuk di dalamnya, selain bench press dan deadlift, yaitu membentuk dan mencapai kekuatan yang paling maksimal yang bisa dicapai.

Singkatnya, jika ingin bertambah kuat secara fisik dan mental, berlatih back squat itu pilihan bijak!

15. Daya Tahan dan Daya Ledak Terbentuk

Membutuhkan waktu tidak sebentar untuk mendapatkan manfaat squat yang optimal. Seiring waktu, dan dengan latihan yang intens, kekuatan akan terbangun. Kekuatan yang terus dibentuk, itu juga membangun daya tahan tinggi.

Dan, daya tahan serta kekuatan yang sudah terbentuk, itu akan ‘menyimpan’ daya ledak, yang siap digunakan dalam aktivitas berat apapun, baik dalam tuntutan profesi sebagai seorang atlet, maupun orang biasa dengan kegiatan harian yang berat.

16. Resiko Cedera Nihil

Berlatih squat dengan benar dan konsisten membantu mengurangi risiko cedera dalam aktivitas fungsional dan olahraga fisik apa pun, karena persendian, otot dan tulang terbiasa dilatih dan aktif.

Selain itu, menjaga kepadatan tulang dengan berlatih squat merupakan salah satu manfaat squat yang berdampak jangka panjang, karena semakin tua usia, massa dan densitas tulang pun berkurang.

Berlatih squat dari sekarang, menghindarkan diri penurunan massa dan densitas tulang, yang bisa berakibat gampang jatuh dan patah tulang, karena ringkih dan keroposnya tulang. 

17. Percaya Diri Bertambah

Percaya diri yang bertambah merupakan salah satu dari sekian banyak manfaat squat. Rasa percaya diri meningkat karena telah terbiasa menurunkan dan menaikkan barbell berbobot berat dalam repetisi dan set tertentu, dan terus berulang. Itu berat. Apalagi, cuma menghadapi persoalan kerjaan sehari-hari, dan atau masalah kehidupan biasa.

Percaya diri yang bertambah, karena rutin berolahraga, khususnya squat, juga disebabkan karena pelepasan hormon endorfin: Hormon kebahagiaan. Hormon ini dilepaskan tubuh secara otomatis, sebagai efek intensitas olahraga yang tinggi.

Rasa bahagia dan fisik yang kuat karena terlatih dengan squat, sudah barang tentu akan meningkatkan kualitas hidup. Muaranya, bisa jadi selalu sehat dan aktif kendatipun usia tidak lagi muda.

Penutup

Manfaat squat yang banyak itu dapat diperoleh, asalkan tidak lalai mengikuti prosedur awal, dan bagaimana cara berlatih squat yang benar.

Tidak ada hasil instan dalam olahraga. Semua memerlukan waktu untuk menjadi seperti apa yang didambakan. Namun, hasil akhir apa jadinya itu tidak akan mengkhianati latihan serius dan konsisten yang telah dilakukan.

Magnus Fitness
Magnus Fitness