10 Alat Gym untuk Crossfit di Rumah

Apa itu Crossfit? Crossfit adalah gerakan dan latihan yang bersumber dari aktivitas gerak manusia sehari-hari (gerakan fungsional), yang dikombinasikan dengan beragam bentuk aktivitas aerobik dan anaerobik. Semua gerakan dimodulasikan menjadi apa yang disebut dengan WOD (Workout of the Days). WOD adalah menu latihan di Box, dan dapat pula diterapkan pada latihan Crossfit di Rumah.  

WOD dengan banyak nama tersebut, menjadi acuan (workout plan) sekaligus target yang diusahakan tercapai oleh penggemar olahraga Crossfit sedunia; ada banyak jenis WOD. Sejumlah diantaranya merupakan WOD populer untuk berlatih Crossfit yang lebih menantang batasan diri.

Mengapa Latihan Crossfit di Rumah?

Idealnya, latihan Crossfit itu di Box. Kenapa demikian? Karena, olahraga berintensitas tinggi ini bersifat komunal, bukan individual. Inilah salah satu perbedaan Crossfit dan Gym. Berbeda, karena di Gym, para bodybuilder terkonsentrasi melakukan olah tubuhnya secara mandiri, menggunakan alat Gym pilihannya sendiri. Tidak ada yang melatihnya. Kecuali, ada permintaan khusus.

Faktanya, ada penggemar Crossfit yang melakukan training mandiri. Alasannya, lebih fleksibel mengatur jadwal latihan, tidak ada waktu keluar rumah, comfort, sembari mengontrol aktivitas rumah, fokus sendiri, dan hemat.

Dua yang terakhir, menarik untuk dikulik. Fokus sendiri dan hemat. Fokus sendiri berarti tidak komunal dan bersosialisasi. Dalam hal ini, memang tidak semua orang cakap bersosialisasi, apalagi berbasa-basi.

Lebih hemat latihan Crossfit di rumah, sangat reasonable. Tahukah anda berapa biaya keanggotaan Crossfit di Box? Biaya membership Crossfit tidak dapat dikatakan murah. Bagi orang kebanyakan, harga menjadi anggota Box, jauh dari kata terjangkau.  

Keuntungan dan Kekurangan Crossfit di Rumah

Setidaknya, terdapat 5 Keuntungan latihan Crossfit di Rumah, sebagaimana yang sudah disinggung sebelumnya. Sederet keuntungan tersebut tidak dapat dipungkiri.

Kendati begitu, kekurangan berlatih Crossfit dirumah pun tidak sedikit. Berikut, 5 kekurangan latihan Crossfit di rumah:

1. Disiplin waktu latihan bisa jadi tantangan berat
2. Mager (Malas Gerak) yang menggoda untuk berleye-leye ketimbang latihan
3. Tidak ada pelatih yang mengoreksi jenis WOD yang dipilih, dan mungkin tidak tepat eksekusinya
4. Tidak ada yang memotivasi untuk mencapai skor harian bersama-sama
5. Tidak ada yang memonitor manakala over training, dan resiko cedera terjadi

Masih mau tetap latihan Crossfit di rumah?

Oke, jika kuat tekad untuk itu, setidaknya anda harus menghindari salah eksekusi atau over training, yang dapat berakibat cedera. Dan, karena itu, Crossfitter yang memilih latihan di rumah, SEBAIKNYA sudah pernah mengikuti kelas reguler di Box sebelumnya – mempunyai dasar yang cukup untuk terus berlatih mandiri.

Untuk Crossfit workout mandiri, menggunakan alat Crossfit, dan atau alat Gym merupakan keniscayaan untuk hasil yang lebih maksimal.

Alat Gym untuk Crossfit di Rumah

Apakah bisa semua peralatan Gym ditempatkan di rumah untuk dipakai berlatih? Jawabannya, bisa saja. Tentu, untuk merealisasikannya, anda harus mempunyai ruangan yang memadai, dan budget tak sedikit.

Daftar lengkap Crossfit Equipment, baik untuk keperluan Home Gym, maupun Crossfit Box, dapat anda lihat dalam artikel khusus tentang itu di situs ini.   

Inilah daftar alat fitness rumahan, khususnya untuk berlatih Crossfit:

1. Jump Rope (Skipping)

Jump Rope atau Skipping digunakan untuk Conditioning Training, yakni latihan membangun level kebugaran. Alat fitness rumahan ini biasa digunakan saat warm-up.

2. Spin Bike

Sama halnya dengan Jump Rope, Spin Bike bagus juga dipakai saat warm-up, dan bahkan untuk melengkapi varian menu WOD.

3. Treadmill

Selain sepeda statis, Treadmill merupakan alat fitness yang rekomen juga untuk penggunaan di rumah. Latihan conditioning dapat dilakukan dengan alat ini, dan bisa menjadi bagian dari menu WOD.

Treadmill terbaik bisa dipakai untuk low intensity, dan atau mode berlari dalam speed yang lebih tinggi.

4. Box Pylo

Alat Crossfit yang ikonik ini, digunakan sebagai bagian dari Bodyweight Training, bahkan sekaligus Strength Training. Box dengan ragam ukuran ini dipakai berlatih melompat naik dan melompat turun (Box Jump).

Selain gerakan itu, dengan alat yang sama, latihan Step-Ups, Box Dips, dan Box Squats, biasa juga dilakukan Crossfitters.     

5. Kettlebell

Selain Pylo-Box, Kettlebell pun sangat terkenal dalam komunitas Crossfit. Sepertinya, tidak ada Crossfit Gym yang tidak menghadirkan alat berbentuk bola besi dengan pegangan ini.

Kettlebell yang memiliki berat bervariasi ini, rekomen pula untuk Home Gym. Tidak makan ruang dalam rumah.

Alat ini biasa dipakai untuk latihan Kettlebell Swings, Turkish get-up, Thrusters, Snatches dan Cleans, Lunges, Bent Over Rows, dan berbagai variasi latihan lainnya.

Alat fitnes rumahan multifungsi ini bermanfaat membangun keseimbangan, kardiovaskular, dan kekuatan yang berdaya ledak (eksplosif).

6. Dumbbell

Dumbbell disebut-sebut sebagai alat latihan beban paling sederhana di dunia. Kendati begitu, banyak manfaat latihan dengan alat ini; Dumbbell dapat melatih otot-otot di seluruh tubuh, baik otot kecil maupun otot besar.

Alat fitnes rumahan murah harganya ini tidak makan tempat dalam ruangan rumah anda.

7. Wall Ball

Sama dengan Box Pylo dan Kettlebell, Wall Ball termasuk alat Crossfit yang serbaguna. Sejumlah besar bentuk latihan dapat dilakukan dengan alat ini, dan karenanya bisa menstimulus dan melatih banyak kelompok otot dan sendi.

Ragam variasi latihan fungsional dapat dilakukan dengan Wall Ball, latihan kardio, latihan konsentrasi, koordinasi, dan balancing, serta termasuk membentuk daya tahan dan daya ledak sekaligus.

Fitness Wall Ball sering dikombinasikan dalam menu WOD.

8. Olympic Barbell

Multipurpose barbell ini meledak pamornya di Amerika dan Eropa manakala Crossfit memasukkan ini ke dalam varian menu WOD-nya. Ada banyak Crossfitter melakukan latihan dengan barbel ini.

Dengan all rounder barbell ini, ada banyak latihan yang bisa dilakukan, seperti: Snatch, Clean and Jerk, Back Squats, Front Squats, dan Overhead Squats, Deadlifts, Shoulder Press, Bench Press, dll.

Strength fitness anda terbentuk hebat dengan alat Gym yang luar biasa ini.

9. Yoga Mat

Alat Gym murah ini jangan dipandang sepele, karena fungsinya besar. Melapisi lantai agar terasa empuk, nyaman dan stabil saat menjalani latihan, seperti push-up.   

Alat bersifat portabel dan tidak makan ruang penyimpanan ini juga menjaga kebersihan/higienitas saat proses latihan berlangsung.

10. Alat Fitnes Rumahan Multifungsi
Alat Fitness Adjustable Jammer Arms

Apabila anda tidak mempunyai cukup waktu berlatih di Box, punya ruangan memadai, dan budget bukan masalah, alat fitnes rumahan multifungsi bisa jadi pertimbangan.

Dengan satu alat yang bersifat all in one machine gym ini, anda dapat melakukan banyak jenis latihan. Terdapat sejumlah ragam tipe Paket Alat Gym, yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan latihan personal anda.

Penutup

Dengan kehadiran sebagian kecil alat gym di rumah, yang direkomendasikan di atas, latihan Crossfit di rumah akan lebih mendatangkan hasil akhir yang didambakan. Adapun paket alat Gym lengkap untuk latihan Crossfit di rumah, bisa anda temukan list-nya dalam artikel ini: Daftar Crossfit Equipment Terbaik.

Oke, siapkan tumbler, handuk, nyalakan musik favorit mu, dan Crossfit session, mulai !

Magnus Fitness
Magnus Fitness