Crossfit Games: Olimpiade para Crossfitters

Crossfit Games adalah sebuah kompetisi tahunan bagi para Crossfitters di seluruh dunia. Kompetisi crossfit tidak sama dengan kompetisi olahraga berbasis kekuatan fisik lainnya. Tidak sama, karena crossfit games dikenal dengan ketidakpastian apa yang akan dipertandingkan. Unsur kejutan selalu mewarnai kompetisi yang pertama kali digelar pada tahun 2007, di Aromas, California, Amerika Serikat (AS) ini.  

Crossfit games disponsori oleh CrossFit, Inc – sebuah perusahan olahraga, pemilik brand CrossFit itu sendiri.

Kompetisi adu kuat berskala internasional ini disebut-sebut sebagai ultimate proving grounds for the Fittest on Earth (medan pembuktian utama bagi yang Terkuat di Bumi).

Lokasi Awal Crossfit Games Hingga Saat Ini

Peternakan milik Dave Castro, yang terletak di Aromas, California, AS, menjadi lokasi awal kompetisi crossfit pada tahun 2007.

Kompetisi di Aromas tersebut bersifat rekreasi, informal sekaligus eksperimental, guna menguji kemampuan dan kekuatan 70 partisipan yang telah berlatih dengan metode pelatihan ala Greg Glassman, yang memperkenalkan crossfit pada tahun 2000.   

Seiring dengan bertambahnya popularitas crossfit di seantero AS, jumlah peserta dan penonton pun semakin bertambah. Kendati begitu, ajang perlombaan para crossfitters ini masih tetap eksis di Aromas hingga tahun 2009.

Berkembang pesatnya olahraga baru ini, membuat peternakan Dave Castro tidak cukup lagi menampung jumlah peserta dan penonton yang membludak. Event akbar ini pun berpindah ke lokasi yang lebih besar.

Inilah lokasi crossfit games dari tahun ke tahun:

2007-2009: Peternakan Dave Castro, di Aromas, California, AS

2010-2016: Home Depot Center (sekarang StubHub Center), di Carson, California, AS

2017-2023: Alliant Energy Center di Madison, Wisconsin, AS

2024: Dickies Arena, Fort Worth, Texas, AS (8-11 Agustus 2024)

Struktur Event Crossfit Games

1. Crossfit Open

Crossfit Open adalah fase awal dari crossfit games. Ini bersifat terbuka bagi semua atlet di seluruh dunia, dan dilakukan secara online. Dan, inilah yang dikenal dengan kompetisi 5 minggu dengan 5 latihan. Biasanya diadakan pada bulan Februari hingga Maret.

2. Quarterfinals dan Semifinals

Atlet yang lolos dari babak Open, lanjut ke Quarterfinals (perempat final), dan lalu Semifinal. Babak perempat final masih dilangsungkan secara online selama 6 hari. Yang terbaik dari babak ini kemudian melanjutkan ke semifinal.  

Rekomen: MAGNUS Steel Competition Kettlebell

Babak semifinal, diadakan secara regional di beberapa wilayah, seperti di Eropa (Perancis), Amerika Utara Barat (California), Amerika Utara Timur (Tennessee), Amerika Selatan (Brazil), Asia (Korea Selatan), Oceania (Australia), dan Afrika (Afrika Selatan).   

3. The Games

Atlet crossfit yang lolos dari semifinal, melaju ke putaran final. Inilah puncak dari crossfit games, yang dilangsungkan pada musim panas (antara Juni hingga Agustus), selama 4-5 hari. Pada puncak event, yang juga familiar disebut dengan Olimpiade Crossfit inilah, para atlet crossfit akan beradu kekuatan, endurance, skills, dan kebugaran holistik-nya, melalui sejumlah bentuk olahraga yang tidak pernah terduga sebelumnya.

Kategori Peserta

– Individu Pria dan Wanita: Kategori utama untuk para atlet elit

– Tim: Kelompok atlet yang berkompetisi bersama

– Divisi Masters: Khusus untuk peserta yang berusia tua

– Divisi Remaja: Khusus untuk peserta yang berusia muda

Unsur Kejutan dalam Kompetisi Crossfit

Sebagaimana yang disampaikan di atas, apa yang akan dipertandingkan dalam kompetisi crossfit tidak pernah di-ekspose oleh penyelenggara, maka itu tidak pernah terduga. Namun, umumnya para atlet akan diuji dalam beberapa cabang olahraga ini:

– Angkat Beban: Clean and jerk, snatch, powerlifting, dll

Gymnastic: Pull-up, muscle-up, gelang-gelang (rings), dll

Rekomen: MAGNUS Superlative Rack

Bodyweight: Push-up, squat (tanpa barbel), dll

– Gerakan Atletik, Kardio, Akuatik: Berlari, bersepeda, berenang, dayung, dll

– Unsur Kejutan: Ocean Swimming, angkat ban jumbo, mengangkat karung pasir, rope climbs, dll

Sistem Penilaian (Score)

Sistem score di Crossfit Games bervariasi, tergantung cabang/gerakan yang dipertandingkan. Namun, secara umum, para atlet akan mengumpulkan poin berdasarkan pencapaian di setiap cabang.

Pengumpul poin terbanyaklah yang akan dinobatkan sebagai atlet juara di masing-masing kategori.

Juara Crossfit Games Terkenal

– Rich Froning: Juara pria individu sebanyak empat kali (2011-2014)

– Mathew Fraser: Juara pria individu sebanyak lima kali (2016-2020)

– Tia-Clair Toomey: Juara wanita sebanyak enam kali (2017-2022)

Penutup

Crossfit Games merupakan olimpiade crossfitters di seluruh dunia. Kompetisi tahunan tersebut telah menarik minat para partisipan, penonton, media, dan sponsor. Event besar berskala global ini tidak semata menemukan “orang terkuat di bumi”, lebih penting dari itu, menekankan tentang vitalnya ketangguhan fisik dan mental yang berdampak pada aktivitas fungsional setiap hari.

Magnus Fitness
Magnus Fitness