Apa itu Crossfitters?

Apa itu Crossfitters? Crossfitters adalah sebuah istilah bagi para penggemar dan atau praktisi olahraga Crossfit di seluruh dunia. Lalu, siapa yang memunculkan istilah crossfitters tersebut? Tidak ada yang tahu pasti siapa yang menyebut istilah itu untuk pertama kali. Namun, yang pasti istilah crossfitters muncul dan populer dari komunitas praktisi crossfit itu sendiri.

Sedangkan, crossfit, jelas merupakan nama (yang kemudian menjadi brand perusahaan) olahraga baru yang pertama kali diperkenalkan oleh Greg Glassman pada awal 2000-an.

Apakah Crossfitters Hanya untuk Atlet?

Menjawab pertanyaan ini, bisa mengacu dari penjelasan singkat perihal istilah crossfitters di atas – istilah yang ditujukan kepada para penggemar dan praktisi crossfit. Dengan kata lain, seorang pemula, advanced, pelatih, dan atlet crossfit, sama-sama disebut sebagai seorang crossfitter.

Terkait istilah atlet crossfit, ini merupakan penyebutan bagi para peserta Crossfit Games, sebuah kompetisi kebugaran tahunan yang diadakan setiap tahun oleh CrossFit, Inc guna mendapatkan atlet paling fit dan kuat sedunia (The Fittest on Earth).

Rekomen: MAGNUS Wanda Barbell

Crossfit Games pertama kali diperlombakan pada tahun 2007 di Aromas, California. Kompetisi semacam ini juga digelar oleh olahraga angkat berat yang berkaitan dengan crossfit, seperti kompetisi Powerlifting, Magnus Iron Game, kompetisi Pawrhouse, dll, baik yang diselenggarakan oleh komunitas lokal maupun yang berskala internasional.

Alat Gym untuk Crossfitters

Alat gym atau Crossfit Equipments yang biasa digunakan para penggemar crossfit, sebagian besar di antaranya sama dengan yang biasa digunakan para fitness enthusiast di pusat-pusat kebugaran (gym).

Sedangkan, alat fitness yang khas dipakai crossfitters, di antaranya: Battle rope, climbing rope, medicine ball, plyometrics boxes, kettlebell, ban berukuran jumbo, dll.

Rekomen: MAGNUS VF Competition Kettlebell

Seperti pernah disinggung dalam salah satu artikel di situs ini, bahwa ‘Nyawa’ dari Crossfit adalah “kekuatan”. Praktisi crossfit yang meningkatkan kekuatan fisiknya dengan metode strength training, akan memerlukan peralatan crossfit, seperti: MAGNUS WOD Olympic Barbell, MAGNUS Eco Batik Bumper Plates, Rubber Hex Dumbbell, MAGNUS New Combo Rack, MAGNUS CMB Pro, Fitness Wall Ball, Magnus Medium Stiff Knee Sleeves, dan bahkan sebuah All in One Trainer.

Crossfit di Rumah atau Gym?

Berlatih crossfit di rumah ataupun di gym, bahkan Crossfit Box, itu sama saja. Yang penting punya niat besar dan disiplin berlatih dengan cara yang tepat, serta penggunaan alat yang benar. Hanya saja, dengan memiliki peralatan crossfit sendiri di rumah, maka seorang crossfitters tidak perlu antri untuk memakai peralatan di gym, efektif dan efisien; seorang crossfitters dapat berlatih sendiri di rumah,asalkan betul-betul mengetahui menu WOD yang tepat untuk mencapai goals pribadinya.

Rekomen: MAGNUS WOD Barbell

Kendatipun bebas berlatih mandiri di rumah dengan alat crossfit sendiri, penting pula untuk memakai merk alat fitness terbaik di kelasnya, dan dengan cara berlatih yang benar pula, guna mencapai goals pribadi tersebut.

Crossfit, Wujud Baru Functional Training?

Apakah crossfit merupakan wujud baru atau wajah modern dari functional training (latihan fungsional)? Sebab, sama halnya dengan functional fitness, segala bentuk latihan crossfit, yang dilatih secara benar dan terprogram baik, mendatangkan kemampuan sekaligus kekuatan dalam aktivitas fungsional yang dijumpai sehari-hari. Terkait ini, ke-3 istilah: Functional training, functional exercise, dan functional fitness, sering mendapatkan makna yang sama di kalangan para fitness enthusiast, yakni sebagai salah satu disiplin olahraga yang eksis dengan kekhasannya sendiri.

Sedari awal, Greg Glassman, menciptakan bentuk-bentuk latihan, yang diakuinya terinspirasi dari aktivitas fisik manusia sehari-hari. Semua gerakan dasar manusia itu kemudian dibentuk menjadi latihan-latihan fisik berintensitas tinggi, dengan penggunaan sejumlah alat gym, dan peralatan khas crossfit, seperti ban berukuran jumbo, tali kapal, box pylo, kettlebell, medicine ball, dll.

Tidak hanya mengadopsi gerakan utama manusia, Glassman, juga menggabungkan beragam unsur olahraga, seperti berlari, bersepeda, berenang, gymnastic, angkat berat, dll.

Kendati sama-sama mendorong terjadinya peningkatan kebugaran dan kekuatan secara maksimal dengan cara latihan berintensitas tinggi (HIIT), crossfit sejatinya dilatih secara berkelompok, dipimpin seorang instruktur, yang mengarahkan member untuk mengikuti WOD yang ada pada hari itu. Menu WOD ini akan berbeda pada hari-hari berikutnya. Pemakaian alat gym konvensional, dan peralatan gym khas crossfit eksis di hampir semua menu latihan.

Sedangkan, functional fitness, umumnya dilakukan secara individu, dengan atau tanpa alat gym; jika memakai peralatan gym, yang digunakan adalah alat gym konvensional yang umum dijumpai pada pusat-pusat kebugaran. Di sisi lain, pendekatan functional fitness itu pada compound training, atau satu jenis latihan yang menstimulus dan mengkontraksi hampir semua kelompok otot sekaligus (fullbody workout).

Singkatnya, kedua bentuk strength training ini memiliki fokus yang hampir sama, yakni peningkatan kebugaran holistik dan kekuatan fisik maksimal, guna efektif dalam berkegiatan fungsional. Namun, pendekatan latihan keduanya, berbeda.

Crossfit bukan wujud baru dari functional fitness. Keduanya bisa dipadukan, dan saling melengkapi.

Kesimpulan      

Crossfitters adalah istilah bagi para penggemar dan praktisi crossfit di seluruh dunia. Istilah yang muncul dari kalangan komunitas crossfit, dan menjadi populer; istilah ini berlaku umum bagi para penggemarnya, jadi bukan hanya untuk seorang atlet crossfit yang berkompetisi dalam crossfit games.

Penggunaan alat yang tepat dengan kualitas terbaik akan ikut menentukan hasil akhir latihan seorang crossfitters. Jika anda serius ingin berlatih crossfit yang benar, dalami sejumlah artikel terkait olahraga berintensitas tinggi ini, yang telah tayang pada situs ini. Dan, apabila anda membutuhkan alat crossfit yang berkualitas bagus, kami akan merekomendasikan beberapa di antaranya. Silakan hubungi KAMI untuk itu.

Magnus Fitness
Magnus Fitness