10 Manfaat Bench Press bagi Kesehatan dan Kekuatan

Asalkan berlatih dengan cara yang benar, terprogram, dan konsisten, manfaat bench press bagi kesehatan dan kekuatan fisik, dapat diperoleh. Nah, apa saja manfaat bench press itu? Temukan lengkap di bawah ini.

10 Manfaat Bench Press bagi Kesehatan dan Kekuatan

Berikut, 10 Manfaat Bench Press bagi Kesehatan dan Kekuatan, disertai penjelasan singkatnya, yang secara garis besar terambil dari artikel: Apa itu Bench Press.

1. Meningkatkan Kekuatan Tubuh Bagian Atas

Kekuatan tubuh bagian atas (upper body), dapat dibentuk dan ditingkatkan signifikan dengan berlatih bench press secara benar dan teratur, 2-3 kali dalam seminggu. Hasilnya, sejumlah otot besar di bagian atas tubuh terstimulus, terbentuk, dan bertambah massa ototnya. Otot-otot tersebut, antara lain: Otot Dada (Pectoralis Major dan Minor), Oto Bahu (Deltoid), Otot Lengan (Triceps), dan bahkan Otot Core.

2. Membangun Kekuatan Otot Dada

Otot Dada adalah salah satu otot upper body yang mendapatkan kontraksi dan terbangun massa ototnya dengan latihan bench press. Namun, otot dada yang kuat tidak melulu soal massa otot yang bertambah.

Lebih dari itu, manfaat bench press terhadap area otot dada yang terlatih, yaitu: Memperbaiki postur tubuh, pernapasan lebih baik, menopang otot dan persendian di sekitarnya, maksimal dalam aktivitas fungsional (mengangkat, mendorong, menarik, dll), dan area estetik bagi seorang binaraga.  

3. Meningkatkan dan Menstabilkan Otot Bahu

Manfaat bench press terhadap otot bahu sangat vital. Sebab, dengan bahu yang kuat dan stabil, maka tidak terjadi ketidakseimbangan posterior, yang ditandai dengan otot dada yang mengencang, sementara otot punggung melemah, dimana akhirnya bahu dan punggung melengkung atau membungkuk (Kifosis).

Jadi, sama seperti otot dada yang kuat, otot bahu yang mendapatkan manfaat bench press, akan mempertahankan postur tubuh yang tegap dan stabil. Selain itu, dengan otot bahu yang stabil, range of motion kedua lengan menjadi maksimal untuk gerakan mobilitas fungsional, seperti mengangkat beban dari bawah ke atas, menahan tubuh bagian atas manakala terjadi tekanan beban pada area itu, melempar lebih jauh, membawa seluruh badan terdorong ke atas, yang diawali kedua lengan mencengkram kuat sebuah palang, misalnya.

4. Manfaat Latihan Bench Press, Menguatkan Otot Trisep

Gerakan turun dan naik secara vertikal pada bench press, mengkontraksi otot trisep. Kekuatan yang terbentuk pada bagian belakang lengan atas ini, memberi sejumlah manfaat, di antaranya: Aktivitas fungsional (mengangkat, mendorong, menarik) lebih maksimal, sendi-sendi di sekitar lengan tidak mudah cedera, berperan signifikan bagi atlet yang banyak menggunakan tangan (renang, badminton, angkat berat, dll), bagus secara estetika tubuh, dll.

5. Menstimulus dan Meningkatkan Otot Core

Gerakan menurunkan dan mendorong barbel pada bench press, membuat otot core (inti) menjadi terstimulus dan meningkat kekuatannya. Padahal, penekanan pada otot inti di sini, tidak terlihat sejelas gerakan Squat dan Deadlift.

Otot inti yang kuat dan stabil, memungkinkan repetisi benching dapat dilakukan dengan mulus.

6. Manfaat Bench Press, Memperbaiki Postur Tubuh

Secara terpisah sudah disinggung, bahwa manfaat bench press pada otot dada dan bahu itu membantu memperbaiki postur tubuh menjadi ideal. Dan, inilah memang salah satu manfaat besar dari melakukan benching.

Postur tubuh yang ideal, bukan sekadar kuat, stabil dan tegap, tetapi juga indah terlihat. Latihan squat, deadlift, dan bench press, berkontibusi nyata membentuk postur tubuh yang ideal tersebut.

7. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Semua olahraga yang melibatkan beban, seperti latihan Powerlifting, itu menstimulus tulang menjadi lebih padat dan kuat. Tidak lekas keropos dan karenanya rentan menimbulkan cedera. Kendatipun memang, secara alami, manusia mengalami penurunan densitas (kepadatan) tulang seiring bertambahnya usia (laki-laki mulai 70 tahun, wanita mulai 30 tahun atau pasca menopause).

Singkatnya, penurunan densitas tulang itu alami, namun dapat diperlambat efeknya dengan berlatih beban. Inilah salah satu manfaat bench press yang bakal kita alami sepanjang masih hidup. Kendati tua usia, mobilitas fungsional masih dapat dilakukan mandiri tanpa bantuan orang lain.

8. Meningkatkan Metabolisme

Berolahraga dengan beban, tidak cuma meningkatkan massa otot, membangun kekuatan fisik dan daya tahan, serta mengurangi lemak. Olahraga dengan beban seperti bench press, terbukti meningkatkan metabolisme sebanyak 15%.

Jadi, jika bench press dilakukan dengan benar dan konsisten, berat badan ideal dapat terjaga dalam jangka panjang. Itu sebabnya, penting untuk mengikuti panduan latihan bench press yang benar.  

9. Membantu Membakar Kalori

Seperti sering diulang dalam artikel pada situs ini terkait olahraga berintensitas tinggi, itu dapat membakar kalori lebih banyak. Nah, apakah bench press termasuk olahraga angkat berat berintensitas tinggi? Bisa iya, bisa tidak. Ini tergantung pada beberapa kondisi.

Apabila bobot barbel pada bench press lebih berat, maka itu meningkatkan intensitas latihan, dan beban otot yang terstimulus menjadi lebih tinggi. Begitu pula dengan repetisi dan set yang banyak, otomatis meningkatkan intensitas latihan.

Jika dua dari sekian kondisi itu tercapai, berarti latihan bench press menjadi berintensitas tinggi. Maka, kalori banyak terbakar. Efek berikutnya, metabolisme meningkat, lemak jahat menurun, berat ideal yang diharapkan pun bisa teralami.   

10. Sehat, Bugar dan Percaya Diri

Latihan bench press di rumah yang dilakukan dengan benar dan teratur, akan membuat badan sehat dan bugar (bervitalitas tinggi). Rasa sehat dan bugar itu, menciptakan efek lanjutan, yakni menjadi lebih percaya diri. Apalagi, manfaat bench press yang paling mudah terlihat, itu nampak dengan sangat jelas, yakni postur dan proporsi badan yang tegap, dan padat-berisi.

Selain itu, apakah menjadi lebih kuat dengan latihan bench press? Pasti lebih kuat! Seseorang yang berlatih beban dengan konsisten, pastilah lebih kuat dari sebelumnya, dan tentu lebih kuat dari orang lain yang tidak berlatih sama sekali.

Penutup

Manfaat bench press bagi kesehatan secara umum, dan kekuatan fisik, tidak datang sekejap. Itu membutuhkan cara latihan yang benar, latihan yang serius, terprogram baik, konsisten, dan dengan alat gym yang tepat – dengan semua itu, siapapun dapat memperoleh manfaat tersebut.

Magnus Fitness
Magnus Fitness