Alat Gym Bench Press Seadanya, Ga Bahaya Ta?

Alat Gym Bench Press seadanya, apakah bisa mendatangkan bahaya dalam proses latihan? Bisa jadi. Tapi, jika ada orang yang masih nekat berlatih dengan peralatan bench press seadanya itu, ga bahaya ta, demikian respons khas orang Jawa Timur manakala menghadapi sesuatu yang tidak biasanya.

Apa itu Alat Gym Bench Press Seadanya

Alat bench press seadanya bermakna pada peralatan bench press yang tidak memenuhi standar keamanan, seperti:

Bangku yang Tidak Stabil

Bangku yang tidak stabil bisa jadi karena material pembuatnya yang di bawah rata-rata, sehingga konstruksinya pun labil bahkan rapuh. Ini sangat berbahaya manakala dorong dan turunkan barbel dengan bobot yang semakin berat. Benches tersebut bisa slip, terbalik, bahkan patah. Tentu saja ini sangat berbahaya bagi diri penggunanya.

Dan, selain itu, konstruksi yang rapuh, tidak akan mendorong peningkatan bobot latihan, karena benches tidak akan mampu menopang tubuh beserta barbel dan plates yang semakin berat.   

Barbel Tidak Standar

Barbel adalah salah satu bagian penting dari alat gym bench press. Barbel yang tidak memenuhi standar IPF, sangat beresiko digunakan oleh powerlifter. Misalnya, bar kosong yang terlalu ringat dan ataupun berat; begitu pula dengan knurling-nya yang terlalu tajam, yang berpotensi melukai tangan, dan atau knurling yang terlalu lembut, sehingga cengkeraman tangan tidak solid dan mudah slip. Kondisi semacam ini berpeluang mencederai lifter.

Tanpa Bench Press Rack

Bahkan bagi seorang pro dalam Powerlifting, tidak akan gegabah melakukan angkatan bench press dengan cara freeweight, apalagi seorang pemula yang minim pengalaman. Melakukan gerakan bench press freeweight, berarti tanpa adanya bench press rack. Ini sangat beresiko memunculkan cedera serius manakala terjadi gagal angkat.

Lihat juga: Combo Rack Powerlifting Lokal Terbaik   

Minim atau Tanpa Adjustable

Alat gym bench press seadanya memiliki ciri teknis, seperti tidak memiliki banyak opsi adjustable. Dengan kondisi itu, variasi latihan minim. Ini memang tidak berbahaya melukai tubuh, tetapi performa latihan tidak akan kemana-mana.  

Resiko Alat Gym Bench Press Tidak Standar

Sebagaimana sudah disinggung, bahwa dalam hal bench press, sangatlah berbahaya ketika berlatih dengan alat gym seadanya, karena resiko cedera mengintai. Sebab, dengan alat gym bench press standar saja, seorang lifter masih bisa mengalami cedera, karena faktor gagal angkat dan atau salah eksekusi teknik, apalagi berlatih dengan alat gym seadanya itu. Resiko cedera menjadi double.

Hindari mempertaruhkan keselamatan anda dengan berlatih memakai alat gym seadanya, yang tidak memenuhi standar keamanan. Adalah lebih baik, sabar mengumpulkan dana guna membeli alat gym bench press yang berkualitas, ketimbang buru-buru membeli alat gym murah dan atau bekas yang tidak memenuhi standar keamanan dan keselamatan.

Penutup

Hubungi KAMI untuk mendapatkan informasi alat gym bench press terbaik guna proses latihan anda yang nyaman, aman, dan nihil cedera.

Magnus Fitness
Magnus Fitness