Crossfit Gym: Box Kebugaran Tak Biasa

Crossfit Gym adalah pusat kebugaran yang dirancang khusus untuk melaksanakan program pelatihan gerakan-gerakan fungsional dan berintensitas tinggi, yakni olahraga Crossfit. Istilah lain yang digunakan adalah Crossfit Box dan atau disebut Box saja. Ke-2 istilah terakhir belum begitu familiar di Indonesia.

Crossfit Gym bukan Gym atau tempat Fitness pada umumnya; pusat Kebugaran belum tentu menyelenggarakan pelatihan Crossfit. Sedangkan, Gym yang membuka kelas pelatihan Crossfit terpercaya, mestinya terafiliasi dengan CrossFit, LLC, Colorado, Amerika Serikat (AS).

Belum mudeng? Uraian berikut akan memperjelasnya.

Crossfit Gym atau Crossfit Box?

Istilah Gym yang masih tersemat pada Crossfit sangat beralasan. Istilah Crossfit Gym atau Gym Crossfit itu bermula dari ketertarikan pemilik Gym konvensional di AS melihat fenomena kemunculan Crossfit pada tahun 2000. Mereka kemudian bekerjasama dengan CrossFit, LLC. Berafiliasi, dan tersertifikasi. Mereka pun membuka pelatihan Crossfit untuk umum berbasis metode yang dikurikulumkan oleh Greg Glasman, sang penemu Crossfit.

Demikianlah kedua istilah tersebut disatukan untuk menandai, bahwa Gym dimaksud bukan sekadar Gym biasa, karena ada aktivitas pelatihan Crossfit di dalamnya.

Namun, agar tidak timbul kerancuan istilah karena bermakna ganda, Glassman melahirkan istilah Crossfit Box untuk membedakan dengan tegas fasilitas kebugaran yang ia maksudkan.

Istilah “box” dipilih oleh Glassman untuk menggambarkan pendekatan yang sederhana, fungsional, dan terfokus.

Kendati istilah terakhir sudah sangat membedakan dan memisahkan keduanya, faktanya di lapangan tidaklah demikian. Khususnya, di luar AS dan Eropa, istilah Crossfit Gym masih tetap digunakan.  

Sebenarnya, apapun istilah yang dipakai, bukanlah masalah karena semua orang punya preferensinya masing-masing untuk sesuatu yang ia maksudkan. Apalagi, eksistensi olahraga Crossfit terbilang baru (belum ada 3 dekade) dibandingkan dengan aktivitas olah tubuh di Gym yang telah berlangsung berabad-abad. Bahkan, akronim Gym yang terambil dari kata Gymnasium, sudah muncul dari zaman Yunani Kuno.

Sedikit flashback, Gym pertama hadir di Perancis pada tahun 1811 (abad 19). Lalu, pada tahun 1847, Dr. Dio Lewis membuka Gymnasium pertama di AS. Tepatnya di Boston, Massachusetts.

Selanjutnya, pada tahun 1865, Gustav Zander, membuka “Zander Institute” di Stockholm, Swedia. Ia menawarkan berbagai mesin dan peralatan olahraga untuk kebugaran dan pemulihan fisik. Sejak itulah, pusat kebugaran booming, dan terus berkembang di seluruh dunia sampai hari ini.

Jadi, latah salah sebut tidak mengapa, yang penting entitas yang dimaksudkan itu sama. Crossfit Gym atau Crossfit Box? Terserah. Sama saja.

Artikel terkait Crossfit pada situs ini pun akan banyak menggunakan istilah Crossfit Gym, dan kadang-kadang Crossfit Box, dan atau Box untuk maksud yang sama, yaitu: Pusat Kebugaran yang menyelenggarakan pelatihan olahraga Crossfit.

Sebelum bergabung dengan Crossfit Gym terdekat di kota anda, ketahui sejumlah prinsip penting berikut ini.

Ciri Khas Olahraga Crossfit

Olahraga Crossfit mempunyai ciri-ciri yang khas, yang membedakannya dengan olahraga lain. Inilah beberapa ciri khas olahraga Crossfit:

1. Latihan Fungsional

Crossfit mengadaptasi gerakan alami tubuh manusia, seperti mendorong, menarik, mengangkat, berjongkok, berlari, dll. Terlihat hanyalah gerakan-gerakan sederhana, tapi dari sinilah ide latihan fungsional diformulasikan. Manfaatnya jelas, semakin menguatkan dan mempermudah anggota dalam melakukan segala aktivitas sehari-harinya lebih efisien dan maksimal.

Inilah ciri khas paling kentara, dan karenanya paling banyak disorot dalam olahraga Crossfit.

2. Intensitas Tinggi

Bisa dibilang, pola latihan berintensitas tinggi adalah ‘spirit’ olahraga Crossfit. Pola intensitas tinggi itu dipraktikkan dalam gerakan yang kompleks, berulang, dan dilakukan dalam waktu yang relatif singkat. Hasil akhirnya, terjadi peningkatan kebugaran, daya tahan, kecepatan, dan kekuatan (strength) yang signifikan, bahkan eksponensial.

Dengan kekuatan yang maksimal, semua gerakan fungsional apapun itu bentuknya akan dapat dilakukan dengan maksimal pula. Jadi, ujung dari intensitas tinggi adalah terbentuknya kekuatan.

Selain gerakan latihan fungsional, high intensity, merupakan salah satu ciri khas yang paling kentara, dan yang paling banyak dibicarakan.

3. Fokus pada Ketahanan Fisik

Ketahanan fisik adalah salah satu hasil yang harus tercapai dalam Crossfit. Itu sebabnya, metode latihan dirancang begitu rupa untuk mencapainya, yakni melalui gerakan-gerakan dan latihan yang meningkatkan kekuatan otot, kelenturan, keseimbangan, dan kardiovaskular yang bagus.

4. Full Variasi

Metode latihan Crossfit sangat variatif. Itu sebabnya, Crossfit disebut-sebut sebagai olahraga lintas disiplin. Ada gerakan senam, ada latihan pernapasan dan jantung (kardio), ada angkat berat (powerlifting), angkat badan (pull-up), push-up, squat, melompat, berlari, dan banyak lagi.

Full variasi gerakan, menghindarkan para Crossfitter dari rutinitas latihan yang monoton; variasi latihan ‘dibungkus’ dalam apa yang disebut dengan WOD (Workout of the Days). Ada banyak jenis WOD. Sejumlah di antaranya merupakan menu WOD populer, yang bakal anda praktikkan apabila bergabung dalam sebuah Crossfit Gym.

5. Skalabilitas

Tidak ada batasan usia untuk Crossfit! (kecuali balita). Tidak ada batasan latar belakang! Olahraga ini dapat dilakukan oleh anak-anak (dengan metode bermain), remaja, dewasa muda, orangtua, bahkan yang memiliki batasan fisik. Metode latihan akan disesuaikan dengan usia, kondisi fisik, kesehatan, tingkat kebugaran, dan goals pribadi.

Hanya ada satu batasan dalam Crossfit: Diri anda sendiri.

6. Komunitas dan Kompetitif

Crossfit adalah olahraga komunitas (grup). Dengan grup, latihan berat akan terasa ringan dan fun. Selain itu, atmosfer kolaboratif dan kompetitif positif tercipta. Tidak ada persaingan untuk saling mengalahkan. Sebaliknya, sesama anggota grup akan saling memotivasi untuk bersama-sama mencapai hasil akhir yang maksimal.

7. Metrik Kinerja

Dalam Crossfit, tidak ada usai latihan langsung pulang tanpa ukuran kemajuan. Ada metrik kinerja per anggota dalam Crossfit. Skor obyektif akan selalu ada di akhir sesi, yakni: Seberapa cepat, seberapa jauh, seberapa berat angkatan, berapa banyak repetisi, dll. Tercapai atau belum target harian tersebut, akan mendorong lebih tinggi lagi hasil pada sesi berikutnya.

Masih semangat untuk berlatih Crossfit? Info berikut jangan diabaikan!

Pra Bergabung di Crossfit Gym

Sebagai pemula yang tertarik dengan olahraga ini, mengetahui panduan latihan Crossfit pemula sebaiknya anda pahami.

Dan, salah satu pra join bergabung dalam latihan Crossfit untuk pemula, yakni mendatangi Crossfit Gym terdekat, atau visiting langsung, dan melakukan konsultasi dengan calon pelatih.

Konsultasikanlah dengan pelatih tujuan anda memilih Crossfit sebagai olahraga yang akan ditekuni. Tujuan pribadi ini akan menentukan ‘peta jalan’ bentuk latihan, gerakan dan tahapan-tahapan apa yang akan anda lalui nantinya.

Sampaikan pula apa adanya terkait kondisi fisik dan kesehatan anda.

Semua informasi tersebut sangat penting bagi instruktur Crossfit Gym dalam rangka merancang bentuk latihan yang sesuai dengan kapasitas anda. Inilah maksud skalabilitas yang sudah disinggung di atas.   

Apa yang Ditemukan di Crossfit Gym

Setiba di Crossfit Gym, anda akan menemukan WOD (Workout of the Days) dari pelatih. Inilah part terpenting dari sesi latihan Crossfit. Inilah menu latihan sekaligus challenge yang harus anda jalani.

WOD ini bisa sangat bervariasi dan melibatkan kombinasi gerakan beban (seperti angkat beban atau kettlebell swing), latihan kardio (seperti berlari atau skipping), dan gerakan tubuh bebas (seperti pull-up atau burpee).

Serangkaian gerakan dan latihan tersebut dilakukan dalam intensitas tinggi, dan dalam waktu yang ditentukan, atau dengan tujuan mencapai jumlah repetisi tertentu.

WOD seperti ini tidak ditemukan pada Gym konvensional.

Ada beberapa contoh WOD yang umum (populer) di Crossfit, yang dilabeli dengan istilah dan nama khusus. Setelah menjadi member, anda akan familiar dengan itu.

Masih tetap semangat, dan siap untuk mendaftar sebagai anggota Box? Info terakhir ini penting pula diketahui.

Biaya Keanggotaan Crossfit

Biaya keanggotaan (membership) di Crossfit Gym bervariasi. Biaya member Crossfit Gym Jakarta dan Crossfit Gym Seminyak Bali misalnya, pasti berbeda satu sama lain. Beda lokasi dan kelengkapan fasilitas (crossfit equipments), beda pula harganya.

Sebagai acuan (perkiraan) umum, berikut range biaya keanggotaan Crossfit Gym di Jakarta:

Biaya pendaftaran:

Biaya ini bervariasi. Berkisar antara Rp. 250.000 hingga 500.000, hanya sekali bayar. Terkait ini, ada Crossfit Gym yang memberi layanan free trial 1 sesi untuk pemula.

Membership Mingguan:

Range harganya Rp. 750.000 – Rp. 1.000.000

Membership Bulanan:

Range harganya Rp. 1.800.000 – Rp. 2.000.000

Membership Triwulanan:

Range harganya Rp. 4.800.000 – Rp. 5.000.000

Membership Tahunan:

Range harganya Rp. 16.000.000 – Rp. 17.000.000. Paket Keanggotaan jangka panjang seperti ini kadang ada diskon harga khusus.

Selain item membership di atas, ada pula Box yang menerapkan Visit Harian. Biayanya ada di kisaran Rp. 150.000 – Rp. 300.000 per sesi kunjungan.

Umumnya, waktu latihan berlangsung dari Senin – Jumat. Ada sesi pagi, sore dan malam. Minggu off. Khusus hari Sabtu, latihan bisa dilakukan dengan appoinment.

Untuk mendapatkan harga yang fiks, hubungi Crossfit Box terdekat dengan lokasi anda.

Crossfit Gym di Rumah

Niat besar untuk super bugar kadang tidak dibarengi dengan waktu ideal dan budget pribadi. Jika salah satu menjadi kendala, menghadirkan Crossfit Gym di rumah adalah jalan keluarnya.

Mungkinkah ‘mendevelop‘ Crossfit Box di rumah? Why not.

Di rumah sendiri, anda dapat memulai kapan saja dengan atau tanpa alat. Namun, apakah anda sudah memahami betul basic Crossfit? Ya, anda dapat mempelajarinya via online. Tapi, apabila ingin lebih afdol, anda bisa bergabung di sebuah Box terdekat untuk mulai berlatih.

Penguasaan Crossfit Basic sangat vital, karena itulah landasan penting untuk Crossfit workout berikutnya. Prioritas utama di sini adalah semua gerakan dan jenis latihan haruslah sedapatnya nihil cedera.

Terkait peralatan Crossfit, memiliki dan menggunakannya sesuai jenis latihan, sangat direkomendasikan untuk hasil yang jauh lebih maksimal dan powerfull. Toh, ruangan yang dibutuhkan untuk peralatan Crossfit itu tidaklah besar. Di situ anda bisa meletakkan beberapa aksesoris gym rumahan, yakni berupa Yoga Mat, Skipping Rope, Dumbbell set, Kettlebell, Treadmill, dan bahkan Power Rack Gym (alat ini ini bersifat all in one machine gym).

Terkait Power Rack, apabila anda mempunyai budget besar dan memiliki niat super besar untuk bugar dengan Crossfit sekaligus ‘membangun’ body dengan massa otot yang lebih besar, kami rekomendasikan MAGNUS Power Rack. Harganya memang pricey, tapi itu sesuai dengan kualitas produknya, dan manfaat besar yang bakal anda dapatkan.

Lebih lengkap tentang All in One Machine Gym terbaik, lihat di SINI.

Berhubungan dengan ini, jika alat-alat fitness tersebut belum anda miliki; baru rencana untuk membelinya, maka guna pemakaian jangka panjang, perhatikan betul kriteria merk alat fitness terbaik, agar tidak sia-sia uang yang dikeluarkan untuk peralatan itu.

Keberadaan alat-alat Gym tersebut merupakan aset dan investasi kesehatan dan kebugaran anda sepanjang hidup. Sekali beli untuk lifetime.

Kesimpulan

Jika menginginkan jenis olahraga yang tidak monoton, dilakukan secara berkelompok, fun, high intensity, terprogram, kompetitif, ada metrik kinerja, dibimbing pelatih, dan menantang diri melampaui limit kekuatan, maka bergabung dengan Crossfit Gym terdekat, bisa jadi pertimbangan.

Apabila waktu keluar rumah tidak memungkinkan untuk anda, maka ‘Crossfit Gym’ di rumah bisa jadi alternatif. Tentu saja, untuk mendapatkan kebugaran dan bentuk tubuh yang diimpikan, penggunaan alat-alat Crossfit yang sesuai kebutuhan dan budget merupakan keniscayaan.

Memutuskan bergabung dengan sebuah Crossfit Gym, berarti siap untuk berlatih di Box kebugaran tak biasa, dengan potensi hasil akhir yang luar biasa.

Magnus Fitness
Magnus Fitness