6 Alat Deadlift Utama, Nomor 4 Bisa Upgrade

Anda membutuhkan alat deadlift untuk berlatih salah satu lift dari Powerlifting ini. Memang, jika dikondisikan, berlatih powerlifting bisa saja menggunakan benda-benda di sekitar rumah, seperti batu besar, balok kayu, dll. Namun, dalam praktiknya benda-benda itu justeru bakal membuat anda ribet sendiri – tidak nyaman, tidak efisien dan efektif.

Singkatnya, anda memerlukan alat deadlift atau alat fitness berkualitas terbaik untuk berlatih deadlift.

Rekomen untuk anda 6 alat deadlift utama untuk memulai latihan:

1. Alat Deadlift: Barbell

Kendatipun bisa digantikan dengan dumbbell dan kettlebell, bar atau barbell adalah alat deadlift utama. Gerakan deadlift yang benar dapat dilatih lebih efisien dan efektif dengan menggunakan barbell.

Rekomen untuk anda: MAGNUS WOD Olympic Barbell

Mengapa pilih Magnus WOD Olympic Barbell? Karena ini barbell serbaguna. Anda bisa menggunakannya untuk berbagai jenis latihan kekuatan, termasuk latihan deadlift, weightlifting (angkat besi olimpiade), Crossfit, Functional Training, dan latihan kekuatan lainnya.

Dengan memiliki Magnus WOD Olympic Barbell, anda tidak perlu lagi berinvestasi dalam barbell lain untuk berbagai jenis latihan yang berbeda.

2. Plates

Plates atau lengkapnya, weight plates, merupakan pelengkap barbell yang letaknya pada area bar yang disebut dengan sleeve, dengan berat standar 20-30kg; plates adalah besi bulat berbobot berat tertentu.

Ada beragam jenis plates di pasaran – sebagai produsen alat fitness terpercaya di Indonesia, MAGNUSFITNESS, merekomendasikan:

MAGNUS Powerlifting Calibrated Iron Plates

Mengapa pilih MAGNUS Powerlifting Calibrated Iron Plates? Karena plates ini terbuat sepenuhnya dari besi, yang merupakan pilihan material yang optimal untuk weight plates, karena memberikan berat keseluruhan yang besar dengan ketebalan minimal. Ini berarti pada area sleeve, masih bisa menambahkan lebih banyak plates.

Dengan alat deadlift utama ini, latihan deadlift akan lebih mantap dalam jangka panjang.

3. Alat Deadlift: Powerlifting Belt

Powerlifting Belt, atau sering disebut sebagai lifter belt, merupakan item yang sangat penting bagi mereka yang ingin serius dalam latihan angkat beban. Sabuk lifter ini membantu meningkatkan stabilitas pada otot core dan lower back, dan mengurangi resiko cedera pada otot tertentu.

Saat ini, di pasar alat fitness, ada dua jenis belt yang membedakan sabuk powerlifting ini. Pertama, prong belt. Alat deadlift model ini memiliki gaya yang lebih klasik atau tradisional. Sabuk ini terlihat seperti sabuk pinggang biasa dengan berbagai pilihan lubang dan dilengkapi dengan gesper logam untuk mengunci.

Kedua, lever belt. Sabuk lifter ini memiliki gaya yang lebih modern dan praktis. Lifter belt ini sangat diminati oleh para lifter muda saat ini, karena dianggap lebih mudah dan cepat dalam penggunaannya (plug and play).

Cermatlah memilih, dan temukan produk powerlifting belt terbaik untuk anda!

4. Squat Stand

Squat stand bisa dibilang sebagai versi paling minimalis dari sebuah power rack gym. Stand base ini umumnya tidak mempunyai safety pin, yang sangat berguna menghindarkan cedera pada saat terjadi failure (gagal angkat beban).

Selain itu, squat stand kadang tidak memiliki fitur chin up bar, sehingga anda tidak bisa berlatih pull/chin up. Dan, weight rating stand base umumnya tidak lebih dari 200kg.  

TIDAK DEMIKIAN dengan base form SUPERLATIVE TRAINER

Dengan menggunakan squat stand ini, anda dapat melatih berbagai gerakan calisthenics (Pull up dan Chin up), serta Compound Training (deadlift, squat dan bench press).

Base form ini terdiri dari: Equipment Storage, Barbell Holder, Plate Holder, Multigrip Chin Up & Pull Up Bar, dan Free Weight Attachment (J Hook & Safety Spotter Arms).

Jadi, Superlative Trainer base ini bersifat UPGRADEABLE; ia dirancang dengan berbagai pilihan attachment opsional. Ini memungkinkan anda untuk mengubah squat stand biasa menjadi All In One Trainer, yang dengannya anda dapat melakukan fullbody workout. Kabar baiknya, anda dapat membeli semua attachment itu secara bertahap sesuai dengan kebutuhan latihan dan ketersediaan dana.

5. Power Rack

Sebagai pemula dan atau advanced dalam dunia gym, melakukan deadlift secara freeweight dengan bobot berat di rumah (home gym), bisa jadi beresiko mendatangkan cedera, apabila terjadi kesalahan. Sama seperti kegunaan squat stand, dalam rangka mencegah resiko terjadinya cedera, kehadiran sebuah power rack menjadi sangat krusial.

Kami rekomendasikan: MAGNUS Superlative Power Rack  

Power rack Magnus Superlative menawarkan tiga opsi pembelian yang berbeda, yaitu squat stand, power rack, dan superlative fullset.

Jika dana anda terbatas, memulai dengan squat stand adalah pilihan yang bijak untuk memulai deadlift dan atau squat. Anda selalu dapat meng-upgrade ke power rack fullset di masa mendatang, ketika telah memiliki dana cukup untuk itu.

Anda dapat membeli beragam aksesoris tambahan secara terpisah, seperti: Jammer Arm, Lat Pulldown Attachment, Core Trainer, Knee Holder, Dip Handle, Plate Holder, Monolift, J-Hook, Safety Tube, dan Band Peg.

Alat deadlift utama ini dibuat dengan standar kualitas tinggi (commercial grade teratas). Silakan lihat fitur dan spesifikasinya pada link di atas.

6. Alat Deadlift: All in One Trainer

Inilah alat deadlift multifungsi paling top! Dengan All in One Trainer atau kadang disebut dengan All in One Machine Gym, segala bentuk resistance training, termasuk deadlift dapat dilakukan dengan aman, nyaman, efisien dan efektif.

Kami rekomendasikan: MAGNUS SUPERLATIVE TRAINER

Sekali lagi, dengan Modular All In One Machine ini, semua kebutuhan latihan anda dapat terakomodir dalam jangka panjang; anda sebenarnya tidak perlu lagi membeli peralatan gym lain.

Silakan pelajari lebih lanjut pada link produk jika anda berminat.  

Penutup

Untuk berlatih deadlift jangka panjang, anda membutuhkan alat deadlift utama. Cermat dan temukanlah alat fitness untuk deadlift dan jenis latihan beban (resistance training) apapun dengan kualitas terbaik, yang memenuhi kriteria merk alat fitness terbaik, agar sekali beli untuk dipakai berkali-kali dalam kurun waktu lama, tanpa mesti membeli alat gym lagi.

Magnus Fitness
Magnus Fitness