PENTING! 20 FAQ Kettlebell Workout

Kettlebell Workout (latihan kettlebell), mulai merambah dunia, hampir 289 tahun lalu, yakni sejak girevoy (istilah lomba kettlebell Rusia), atau kettlebell lifting, dalam istilah bahasa Inggris-nya, dipertandingkan terbuka untuk atlet dari belahan dunia manapun – itu terjadi pada tahun 1993.

Kini, hampir semua gym komersil, Crossfit gym, fitness center, dan bahkan home gym, menjadikan kettlebell sebagai gym equipment yang wajib ada.

Pelatih berpengalaman yang piawai ‘mengolah’ gerakan bola besi berpegangan ini pun eksis; hal ini seiring dengan bertambah pula para penggiat olahraga yang berlatih ‘memainkan’ gerakan-gerakan kettlebell. 

Apakah anda pun tertarik mencoba salah satu atau beberapa gerakan kettlebell? Jika iya, artikel singkat ini berharga untuk anda – karena, menjawab lugas beberapa hal penting tentang kettlebell.

Inilah Frequently Asked Questions (FAQ) yang penting diketahui sebelum melakukan kettlebell workout.

FAQ Kettlebell Workout

Kettlebell itu Olahraga?

Tidak. Kettlebell adalah suatu alat gym portable yang menunjang sebuah aktivitas fitness (kebugaran); semua jenis latihannya merupakan bagian dari olahraga.

Berapa Kalori Terbakar?

Studi yang dilakukan oleh American Council on Exercise and University of Wisconsin, La Crosse Exercise and Health Program, kettlebell workout yang dilakukan selama 20 menit, mampu membakar 400 kalori. Jadi, dalam satu menit kettlebell workout, 20 kalori terbakar.

Lebih Baik Lari atau Kettlebell?

Keduanya, sama baiknya dalam menguatkan dan menyehatkan jantung. Hanya saja, untuk membakar 20 kalori, lari, memerlukan waktu 6 menit.

Home Gym Equipment?

Ya. Kettlebell termasuk sebagai salah satu home gym equipment. Penyuka olahraga, atau yang mengerti pentingnya berolahraga di rumah, sebaiknya memiliki kettlebell.

Kettlebell Workout Bisa Pelajari Sendiri?

Bisa. Kettlebell itu termasuk sebagai free weights equipment, yakni peralatan gym tunggal yang dapat diangkat secara bebas sesuai jenis latihan; tidak berbasis kesatuan gym machine; tidak makan ruang penyimpanan, ringkas, dan portable.

Jadi, anda bebas menggenggam dan memainkan gerakan kettlebell sesuka anda. Namun, untuk meniadakan resiko cedera, dan meraih kettlebell benefits, mengikuti kanal Youtube terpercaya perihal cara menggunakan kettlebell yang benar, rekomen untuk anda ikuti serius.

Harus Pakai Pelatih?

Bisa iya, bisa tidak. Banyak kanal Youtube yang fokus memperagakan ratusan varian kettlebell workout. Itu bagus untuk anda yang serius belajar sendiri. Namun, jika anda lebih menyukai dimentoring secara langsung oleh pelatih berpengalaman, itu juga sangat direkomendasikan!

Berapa Jenis kettlebell workout?

Sangat banyak! Ada ratusan variasi latihan kettlebell. Bahkan, anda dapat membuat variasi latihan baru.

Kettlebell Workout Paling Populer?

Setidaknya ada 10 kettlebell workout paling populer – ini berdasarkan dari yang paling banyak di-mention, dan dilatih – 10 kettlebell workout dimaksud, yakni: Kettlebell Swing, Kettlebell Squat, Kettlebell Deadlift, Kettlebell Jerk, Kettlebell Snatch, Kettlebell Turkish Get-up, Kettlebell Push-up, Kettlebell Goblet Squat, Kettlebell Renegade Rows, dan Kettlebell Windmill.

Intensitas Tinggi atau Rendah?

Latihan kettlebell termasuk dalam latihan berintensitas sangat tinggi. Umumnya, varian kettlebell workout itu bersifat balistik movement, yaitu bertenaga, cepat, dan eksplosif.

Terkait: Olahraga Crossfit: Gerakan Fungsional Berintensitas Tinggi

Perlu Warming up?

Sudah pasti! Sebelum melakukan apapun bentuk aktivitas fitness atau olahraga, semestinya diawali dengan warming up (pemanasan) dan atau streching (peregangan). Lalu, diakhir aktivitas olahraga, cooling down dan atau peregangan, pun kudu dilakukan.

Pemanasan dan peregangan sebelum kettlebell exercises, akan ‘mempersiapkan’ tubuh, sendi dan otot untuk mendapatkan stressing dan kontraksi, serta daya jangkau lebih maksimal.

Warming up dengan Apa?

Dengan atau tanpa alat, warming up sebelum kettlebell workout, semestinya dilakukan; menggunakan alat kardio, semisal sepeda statis dan treadmill terbaik selama 5 menit, ini sangat bagus.

Tanpa alat, bisa pula. Warming up kettlebell tanpa alat, silakan lihat di SINI contohnya.

Indoor or Outdoor?

Latihan dengan kettlebell dapat dilakukan di indoor (dalam rumah) dan outdoor (luar rumah). Kettlebell workouts at home adalah cara baru masa kini orang berolahraga di rumah dengan alat serupa bola besi ini.

Lantai Rata atau Berkontur?

Jelas, lantai rata! Latihan kettlebell di lantai atau tanah yang rata, itu bagus untuk stabilitas tubuh saat berpijak, dan menggenggam teko besi berpegangan ini; bagus pula dalam kontribusi melatih keseimbangan. Di samping itu, lantai rata, tidak berkontur dan tidak berair, akan menghindarkan diri dari cedera.   

Target Otot

Dengan kettlebell workout, otot yang ditargetkan mendapatkan manfaat, di antaranya: Otot lengan, otot kaki, otot bokong (glutes), otot core, dan otot punggung.

Membangun Otot dengan Kettlebell?

Bisa. Tidak hanya barbel, dumbell, dan atau power rack gym yang dapat membangun massa otot. Kettlebell adalah alat gym versatile (serbaguna). Ia bisa digunakan untuk membangun massa otot. Ini sangat tergantung pada bobot berat yang dipakai, dan intensitas latihan yang dilakukan dengan teknik yang tepat.

Rekomen: MAGNUS Modulud Barbell – Curved Barbell untuk Powerlifting

Kettlebell Benefits?

Secara ringkas kettlebell benefits (manfaat kettlebell), di antaranya: Strength fitness (kekuatan fisik), endurance (daya tahan), power eksplosion (daya ledak), fleksibility (fleksibilitas), balance (keseimbangan), agility (kelincahan), dan coordination (koordinasi).

Kettlebell vs Powerlifting?

Keduanya tidak bisa dipertentangkan apple to apple. Powerlifting fokus pada mengangkat beban berat semaksimal mungkin untuk menjadi yang terkuat. Sedangkan, kettlebell workout itu tidak untuk menjadi yang terkuat, tetapi meraih kekuatan sewajarnya, guna menunjang aktivitas fungsional setiap hari.

Kettlebell vs Dumbbell?

Tidak ada yang lebih buruk atau lebih baik dari keduanya; ada yang bilang, dumbell lebih baik dalam hal meningkatkan massa otot – jenis latihan kettlebell tertentu, juga dapat menghasilkan massa otot; dumbell mendatangkan banyak manfaat kebugaran dan kekuatan – kettlebell pun demikian.

Rekomen: Rubber Hex Dumbbell – 5 Benefit untuk Anda!

Kettlebell Workout Khusus Pro?

Tidak. Semua kalangan dapat menggunakan alat fitness unik ini untuk memperoleh kebugaran, dan beberapa manfaat positifnya; dari anak-anak hingga lansia, orang biasa hingga selebrita (Jessica Biel, Jennifer Aniston, dll), orang lemah hingga orang kuat, profesional fitness dan pemula (kettlebell workout for beginners), bisa berlatih dengan kettlebell.

Bahkan, kettlebell workout for boxing, atau kettlebell workout for fighters, yakni para atlet MMA (Mix Martial Arts), dapat berlatih dengan kettlebell, guna mendapatkan ‘daya ledak’ yang lebih fantastis!

Berapa Harga Kettlebell?

Harga kettlebell bervariasi. Semakin berat bobotnya, semakin mahal pula. Material berkualitas yang membentuk kettlebell-nya pun berpengaruh terhadap harga jual. Namun, secara range, harga kettlebell di Indonesia, ada di kisaran 200 ribuan hingga 3 jutaan.

Nah, pilihlah kettlebell berkualitas terbaik! Temukan kualitas terbaik dari brand terpercaya di industri gym, yang memproduksi kettlebell-nya sendiri.

Inilah 2 rekomendasi terbaik untuk kettlebell workout anda:

MAGNUS VF Competition Kettlebell

Magnus, juga memiliki unfilled kettlebell – sebuah kettlebell dengan rongga (bolong) pada alasnya, dan tanpa isian besi lagi pada rongga tersebut – ini membuat berat kettlebell lebih merata dan stabil.

Selamat bugar dengan kettlebell!

Magnus Fitness
Magnus Fitness