Manfaat Deadlift untuk Wanita: Estetika atau Fungsi?

Memiliki tubuh indah merupakan salah satu idaman wanita, selain mempunyai wajah yang cantik. Dan, salah satu manfaat Deadlift untuk wanita, yaitu membantu membentuk bokong yang kencang serta ideal sesuai postur tubuh.  

Apakah latihan deadlift hanya untuk membentuk bokong yang kencang dan ideal? Gerakan deadlift yang dilakukan dengan benar, nyatanya tidak hanya memberikan manfaat tunggal itu. Lalu, apa sajakah manfaat latihan deadlift untuk wanita, khususnya? Artikel ini akan mengulasnya. Simak hingga tuntas…

Daftar Manfaat Deadlift untuk Wanita

Deadlift adalah salah satu olahraga angkat berat klasik, yang merupakan bagian tak terpisahkan dari Powerliftingsquat dan bench press, dua latihan lain yang termasuk ke dalamnya – deadlift terbukti memberikan banyak manfaat bagi kesehatan dan kebugaran seseorang yang serius melatihnya dengan teknik yang tepat.

Berikut, 7 manfaat deadlift, khusus untuk wanita:

1. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Dengan latihan deadlift yang rutin dan terprogram baik, kesehatan kardiovaskular (peredaran darah dan pernapasan) wanita menjadi lebih baik. Fungsi jantung dan kinerja paru-paru meningkat ketika melakukan olahraga deadlift.

Hanya dengan satu repetisi latihan deadlift saja, denyut jantung meningkat lebih cepat, demikian pula dengan kualitas paru-paru, apalagi berlatih secara konsisten, sebagai salah satu menu latihan fisik dalam seminggu, dan seterusnya.

2. Membangun Kebugaran Maksimal

Sekadar sehat tidak cukup. Wanita perlu juga bugar maksimal. Dengan sehat dan bugar, seorang wanita akan lebih mampu bertahan lebih lama dalam mengerjakan aktivitas fungsionalnya sehari-hari.

Jadi, manfaat deadlift untuk wanita bukan sekadar membentuk bokong aduhai, tetapi lebih dari itu meningkatkan mobilitas fungsionalnya sehari-hari; dengan latihan deadlift, semua kelompok otot besar terlatih, sekaligus menjadi latihan fungsional juga.

3. Menyeimbangkan Kekuatan Otot

Dengan deadlift, otot-otot tubuh bagian bawah dan punggung pada wanita, yang kerapkali kurang kuat, dilatih menjadi lebih seimbang kekuatannya. Tidak hanya itu, dengan deadlift, kekuatan otot core (perut, pinggul dan punggung) pun menjadi lebih kuat dan stabil.

Sekali lagi, ini akan membantu wanita lebih mampu mengatasi pekerjaan-pekerjaan rutinnya, seperti membawa belanjaan, menggendong anak, memindahkan/mendorong sebuah objek, bahkan cekatan dalam menyelesaikan tugas-tugas kantor yang memerlukan mobilitas tinggi.

Jadi, ini manfaat deadlift untuk wanita yang krusial, karena berdampak ganda: Membangun kekuatan otot dan membentuk stabilitas keseimbangan otot.

4. Menjaga Densitas Tulang

Manfaat deadlift untuk wanita yang satu ini, yaitu meningkatkan kepadatan (densitas) tulang berdampak panjang. Dengan deadlift, kepadatan tulang wanita lebih terjaga hingga usia renta. Ini membantu wanita masih bisa beraktivitas mandiri kendati usia tidak lagi muda, dan menghindari resiko cedera mudah jatuh karena tulang yang keropos (osteoporosis).

Selain latihan deadlift, upaya memperlambat penurunan massa tulang juga dapat dilakukan dengan selalu mengkonsumsi gizi seimbang, dan asupan kalsium dan vitamin D yang cukup.

5. Meningkatkan Laju Metabolisme

Olahraga deadlift termasuk berintensitas tinggi, layaknya olahraga Crossfit dan Functional Training; melakukan olahraga berintensitas tinggi akan meningkatkan laju metabolisme; asupan makanan akan cepat diubah tubuh menjadi energi. Tak hanya itu, kalori dan lemak jahat terbakar banyak. Ini kabar baik untuk wanita! Sebab, bukankah tidak ada wanita yang menginginkan badan gemuk selamanya…

Latihan deadlift yang teratur dan terprogram baik, dapat membantu membakar kalori dan karenanya menurunkan berat badan.

6. Postur Tubuh Lebih Baik

Lantaran mengkontraksi dan melatih semua kelompok otot besar atas hingga bawah tubuh, deadlift membantu membangun postur tubuh menjadi lebih baik. Manfaat deadlift untuk wanita ini, tidak hanya memperbaiki postur tubuh yang buruk, resiko cedera punggung yang kerap dialami pun akan diminimalisir.

Dan, bokong sebagai salah satu otot besar (gluteus maximus) pada manusia, menjadi lebih kencang, estetik, dan ideal. Hal yang sama pada otot paha juga; paha wanita dapat menjadi lebih berisi. Kedua hal ini tentu kabar baik bagi wanita!

Terkait itu, selain latihan gerakan deadlift, squat, sumo squat, butt bridge, clamshell, donkey kick, dan kneel to stand, adalah sejumlah bentuk glutes workout yang membantu membentuk bokong yang ideal.

7. Kepercayaan Diri Meningkat

Adalah fakta, orang yang sehat dan bugar karena rutin berolahraga, termasuk olahraga angkat beban, seperti deadlift, akan meningkatkan rasa percaya diri yang tinggi. Dan hal ini, membawa dampak positif dalam berbagai aspek kehidupan seorang wanita.

Alat Fitness, Manfaat Deadlift untuk Wanita

Guna meraih sejumlah manfaat tersebut di atas, wanita memerlukan alat fitness yang berkualitas terbaik.

MAGNUS Wanda Barbell rekomen untuk maksud itu! Lebih oke lagi, apabila dilengkapi pula dengan MAGNUS Superlative Power Rack.

Review Magnus Wanda Barbell:

Manfaat Deadlift untuk Wanita: Estetika atau Fungsi?

Melihat daftar manfaat deadlift untuk wanita yang terurai di atas, tampak bahwa faktor fungsional lebih banyak ketimbang estetika-nya. Namun, tentu seorang wanita yang menjalani latihan deadlift lah yang paling tahu tujuan finalnya sendiri.

Dan, sebenarnya tidak terlalu penting apakah manfaat deadlift untuk wanita itu untuk estetika tubuh ataukah fungsinya yang dituju. Terpenting, olahraga powerlifting ini membawa manfaat besar bagi wanita yang konsisten melatihnya dengan cara yang benar.

Magnus Fitness
Magnus Fitness